Hidayah, Lina Zahrotun (2022) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualizataion (TAI) dan Tipe Time Token pada Materi Aritmateka Sosial di MTs Darul Ulum Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (763kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (385kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (381kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (677kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (572kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (631kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (502kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Kudus yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Kudus yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token, dan (3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan hasil belajar matematika yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada materi Aritmateka Sosial peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Non Equivalent Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum dan sampelnya adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terdiri dari VII A dan VII B yang dipilih melalui teknik sampling jenuh. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token, karena data yang diperoleh peneliti kurang dari 25 sampel penelitian atau sampel kecil, maka peneliti menggunakan analisis data dengan statistik non parametrik yaitu dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan uji Mann-Whitney U Test Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar matematika sebelum dan sesudah diajar dengan menerapkan, Peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Kudus dengan nilai rata-rata pretest sebesar dan nilai posttest sebesar 85,38. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar matematika sebelum dan sesudah diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Kudus dengan nilai rata-rata pretest sebesar dan nilai posttest sebesar . (3) Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika, (TAI) dengan yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Kudus. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Mann-Whitney U Test diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,016 dengan rerata peringkat kelas eksperimen 1 (17,04) lebih tinggi daripada rerata peringkat kelas eksperimen 2 (9,96).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Matematika, Team Assisted Individualization (TAI), Time Token |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Ilmu-Ilmu Murni > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 03:45 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 03:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8416 |
Actions (login required)
View Item |