Pengaruh Pembelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Berbasis Home Experiment Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI MI Nu Manafiul Ulum Pereng Prambatan Lor Kaliwungu Kudus Tahun 2021

Sa’diyah, Khalimatus (2022) Pengaruh Pembelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik Sederhana Berbasis Home Experiment Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI MI Nu Manafiul Ulum Pereng Prambatan Lor Kaliwungu Kudus Tahun 2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (911kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (753kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (566kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)

Abstract

Penggunaan metode home experiment dapat memberikan pengalaman nyata bagi siswa dalam pembelajaran IPA yang merupakan salah satu solusi yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran IPA peserta, terutama dalam materi rangakain listrik sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran IPA materi rangkaian listrik sederhana berbasis home experiment terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VI MI NU Manafiul Ulum Pereng Prambatan Lor Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif yang melibatkan field research untuk memperoleh data-data yang sebenarnya terjadi di lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI NU Manafiul Ulum Pereng Prambatan Lor Kaliwungu Kudus yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data dengan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regression linier sederhana dengan bantuan program SPSS IMB Statistics Version 25. Hasil uji regresi sederhana dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai R kuadrat (R square) sebagai koefisien determinasi ialah 0,411 (41,1%) yang artinya terdapat pengaruh signifikan home experiment (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) dalam pembelajaran IPA materi rangkaian listrik sederhana. Persamaan regresi Y= 42,640+0,500X dan diketahui bahwa F hitung 18,820 > F tabel 4, 210 dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya apabila nilai signifikansi <0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan home experiment (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) dalam pembelajaran IPA materi rangkaian listrik sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Home Experiment, Motivasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Feb 2023 01:43
Last Modified: 10 Feb 2023 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8422

Actions (login required)

View Item View Item