Wardhani, Hesti Nila (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Pasien dengan Gangguan Depresi di Margo Laras. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (186kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (187kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (92kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (665kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (75kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
Pada zaman yang serba digital sekarang ini memberikan kemudahan bagi manusia. Di samping memberikan kemudahan hal tersebut juga memberikan tuntuan yang besar bagi manusia. Untuk memnuhi tuntutan tersebut, manusisa menerima bnayak tekanan, di mana tekanan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan baik, fisik maupun mental. Ketidakmampuan seseorang dalam menerima tekanan tersebut dapat menyebabkan gangguan mental salah satunya yaitu depresi. Depresi merupakan salah satu gangguan kesehatan mental yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Depresi dapat dipulihkan salah satunya melalui pendidikan Islam dengan cara menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam. Adanya internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam (nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak) diharapkan dapat membimbing dan mengarahkan seseorang sesuai dengan syari’at Islam. BRSPDM (Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental) Margo Laras merupakan salah satu tempat rehabilitasi ODGJ di Kabupaten Pati. Di BRSPDM Margo Laras dalam memulihkan penerima manfaat (pasien) menggunakan bebrapa terapi antara lain terapi fisik, terapi psikososial, terapi vokasional dan terapi keagamaan. Melalui terapi-terapi tersebut nilai-nilai pendidikan Islam dapat diinternalisasikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai pendidikan islam pada pasien dengan gangguan depresi di Margo Laras dan mengetahui dampak internalisasi nilai-nilai pendidikan islam pada pasien dengan gangguan depresi di Margo Laras. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilakukan dengan terjun secara langsung di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehingga data yang diperoleh berupa kata bukan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul dan dianalisis peneliti mendapatkan hasil yaitu: 1) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam pada penerima manfaat di BRSPDM Margo Laras melalui terapi psikososial, pembiasaan mandiri, disiplin dan tanggung jawab serta terapi keagamaan. 2) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam pada penerima manfaat (pasien) dengan gangguan depresi di BRSPDM Margo Laras berdampak pada perilaku, spiritual dan kesehatan mental penerima manfaat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Islam, dan Pasien Depresi |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 02:22 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 02:22 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8444 |
Actions (login required)
View Item |