Manajemen Pendidikan Inklusi Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Madrasah Ibtidaiyah Keji Ungaran Barat Kabupaten Semarang

Kusmiyarsih, Sri (2022) Manajemen Pendidikan Inklusi Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Madrasah Ibtidaiyah Keji Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (849kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (322kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (422kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (580kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pendidikan Inklusi pada masa pandemi Covid 19 di MI Keji Ungaran Barat, dirinci ke dalam tiga ruang lingkup Manajemen Pendidikan yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan inklusi pada masa pandemi Covid 19 di Madrasah Ibtidaiyah Keji Ungaran Barat. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman kemudian dilakukan validasi keabsahan data uji kredbilitas, uji dependability, uji comfirmability dan uji transferability dengan teknik analisis data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi (Conclusion drawing). Penelitian menghasilkan deskripsi dan analisis: Pertama, perencanaan pendidikan madrasah inklusi meliputi program jangka panjang, menengah dan pendek yang tertuang dalam visi, misi dan tujuan madrasah. Kedua, pelaksanaan pendidikan madrasah inklusi meliputi penyiapan sistem pendukung pendidikan inklusi di madrasah, penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus, identifikasi dan assesmen peserta didik berkebutuhan khusus, pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan, akomodasi kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran program pendidikan individual, penilaian hasil belajar, pemenuhan kebutuhan sarana dan prasaranan penunjang pendidikan inklusi pada Masa Pandemi Covid 19, menjalin kerjasama kemitraan dan membangun jaringan pendidikan inklusi. Ketiga, pelaksanaan evaluasi program pendidikan inklusi dimasa pandemi dilakukan setiap minggu, bulan dan semester. Evaluasi yang dilakukan di MI Keji Ungaran Barat meliputi pengawasan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan melalui supervisi kepala madrasah, pelaporan pelaksanaan pendidikan inklusi secara berkala oleh Kepala Madrasah kepada Pengurus Yayasan, Komite Madrasah, Pengawas Pendidikan Kecamatan Ungaran Barat dan Kemenag Pusat melalui Balitbang Kemenag setiap bulan dalam bentuk Laporan bulanan dan Jurnal kegiatan Kepala Madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan, Inklusi, Pandemi Covid19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:18
Last Modified: 14 Feb 2023 03:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item