Fahrudin, Imam (2016) IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN CLEAREST POINT DAN STUDENT SUMMARY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS YPI KLAMBUG ROBOGAN PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang meliputi :1) untuk mengetahui proses teknik pembelajaran Clearest Point dan Student summary dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islamdi MTs YPI Klambu Grobogan Purwodadi tahun pelajaran 2016/2017. 2) untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi teknik pembelajaran Clearest Point dan Student summary dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islamdi MTs YPI Klambu Grobogan Purwodadi tahun pelajaran 2016/2017. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi yang diperoleh dari informan (Kepala Madrasah, Guru mapel SKI, peserta didik) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di MTs YPI Klambu Grobogan Purwodadi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi teknik pembelajaran Clearest Point dan Student summarypada mata pelajaran SKI sudah baik, ini terlihat dari setelah pelaksanaan teknik pembelajaran Clearest Point dan Student summary mampu meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi teknik pembelajaran Clearest Point dan Student summary dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam adalah: a) kemampuan guru. b) minat belajar peserta didik tinggi. c) sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat adalah: a)Adanya perasaan “takut” dari diri siswa untuk bertanya dan menyampaikan argumen. b) peserta didik mengganggu temannya. c) Orang Tua/wali murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik; Clearest Point; Student Summary; Berfikir Kritis; Analisis; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Dec 2016 03:14 |
Last Modified: | 03 Dec 2016 03:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/85 |
Actions (login required)
View Item |