Musta’in, Muhammad (2016) PENDIDIKAN BERBASIS PENGALAMAN MENURUT PEMIKIRAN JOHN DEWEY DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH BUKU EXPERIENCE AND EDUCATION PENULIS JOHN DEWEY). Undergraduate thesis, Stain Kudus.
Text
COVER.pdf Download (790kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (399kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (413kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (511kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (644kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (466kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (695kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (423kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep pendidikan berbasis pengalaman menurut pemikiran John Dewey dalam buku Experience and Education dan mengungkapkan relevansinya dalam pendidikan Islam. Buku Experience an Education karya John Dewey memuat berbagai aspek yang berkaitan dengan pendidikan dan pengalaman, di antaranya adalah kritik terhadap pendidikan tradisional maupun pendidikan progresif, kebutuhan terhadap teori pengalaman, kriteria pengalaman, kontrol sosial, hakikat kebebasan, makna tujuan, pengaturan mata pelajaran progresif dan pengalaman: sarana dan tujuan pendidikan. Buku tersebut menjadi relevan ditelaah untuk menemukan konsep pendidikan berbasis pengalaman. Adapun pendidikan Islam memiliki beberapa aspek, di antaranya tujuan, materi atau isi metode dan evaluasi. Melalui studi pustaka (library research) penelitian ini mencoba menemukan konsep pendidikan berbasis pengalaman yang tertuang dalam buku Experience and Education karya John Dewey tersebut dan mengungkapkan relevansinya dalam pendidikan Islam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan analisis konten dan analisis induktif, serta pemaparannya dengan deskriptif analitik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa pendidikan berbasis pengalaman adalah model pendidikan yang menjadikan pengalaman sebagai meteri, sarana dan sekaligus tujuan. Pengalaman merupakan keseluruhan peristiwa perjumpaan dan apa saja yang terjadi pada manusia dalam interaksinya dengan alam, diri sendiri, lingkungan sosial sekitarnya, dan dengan seluruh kenyataan, baik secara mental maupun fisik. Pendidikan berbasis pengalaman memiliki relavansi dalam pendidikan Islam Penelitian ini belum mendalam dalam mengkaji aspek-aspek pendidikan berbasis pengalaman karena hanya sebuah telaah terhadap buku. Ke depan, penulis berharap ada penelitian yang mengangkat tema serupa, namun langsung dengan objek yang menerapkan konsep pendidikan islam berbasis pengalaman, agar lebih mendalam dalam kajiannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Berbasis Pengalaman John Dewey; Pendidikan Islam |
Subjects: | Islam (Umum) 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2017 04:43 |
Last Modified: | 18 Mar 2017 04:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/851 |
Actions (login required)
View Item |