Muazaroh, Ulul (2014) STUDI ANALISIS STRATEGI GURU SKI DALAM PEMANFAATAN LEARNING RESOURCES BY UTILIZATION DI MTS MUJAHIDIN GEMBONG PATI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9.pdf Download (2MB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru SKI dalam pemanfaatan learning resources by utilization di MTs Mujahidin Gembong, adalah yang pertama menentukan terlebih dahulu, materi mana yang akan di laksanakan menggunakan learning resources by utilization, kemudian menentukan juga sumber-sumber belajar apa saja yang bisa dimanfaatkan misalnya materi tentang peninggalan kebudayaan Islam di daerah Pati, kemudian guru menganalisis sumber belajar apa yang bisa di manfaatkan misalnya makam waliyullah, atau yang lainnya untuk dikunjungi dan diambil manfaat dari kunjungan tersebut. Kelebihan media learning resources by utilization untuk sumber belajar yang sudah tersedia di sekolah misalnya halaman sekolah, kebun, musholla tergolong ekonomis, karena pihak guru dan siswa tinggal memanfaatkannya saja, sedangkan kekurangan media learning resources by utilization di MTs Mujahidin Gembong adalah beragamnya karakteristik siswa ada yang daya pikirnya tinggi, namun ada pula yang daya pikirnya rendah. Faktor pendukung dilaksanakannnya strategi guru SKI dalam pemanfaatan learning resources by utilization di MTs Mujahidin Gembong terdiri dari beberapa aspek yang pertama terdapatya kebijakan baik dari pihak kementerian agama maupun pihak madrasah agar proses belajar mengajar variatif dan tidak monoton. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari adanya kemajemukan dan bervariasinya karakter anak serta gaji guru yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru; Learning Resources by Utilization; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2017 04:48 |
Last Modified: | 18 Mar 2017 04:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/852 |
Actions (login required)
View Item |