Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Pati Tahun Ajaran 2021/2022

Almira, Nanik (2022) Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (489kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (366kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah (1) Mendiskripsikan strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Maudlaul Ulum Desa Tawangharjo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Mendiskripsikan faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Maudlaul Ulum Desa Tawangharjo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. (3) Mendiskripsikan faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Maudlaul Ulum Desa Tawangharjo Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif dimana peneliti studi langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang mendalam. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan studi kasus dimana peneliti menggali data secara rinci dan mendalam. Teknik yang digunakan dalam pengmupan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Pati Tahun Ajaran 2021/2022 adalah program baca, mengunjungi perpustakaan, dan diskusi. Umumnya strategi tersebut dilaksanakan selama dua sampai tiga kali dalam seminggu. 2) Faktor pendukung pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Pati Tahun Ajaran 2021/2022 adalah Perpustakaan dan buku-buku bergambar. Dikarenakan fungsi perpustakaan sebagai penyimpan buku juga menambah daya literasi siswa. 3) Faktor penghambat dan solusi pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Maudlaul Ulum Tawangharjo Pati Tahun Ajaran 2021/2022 adalah siswa masih belum menyadari pentingnya membaca dan lebih memilih aktivitas lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi guru, minat baca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:17
Last Modified: 15 Feb 2023 04:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8528

Actions (login required)

View Item View Item