Lestari, Anggi Putri (2022) Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Organizational Citizenship Behavior Terhadap Komitmen Organisasi Dilihat dari Perspektif Kohesivitas Guru di Lembaga Pendidikan Dasar Muhammadiyah Se Kabupaten Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (359kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (472kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (361kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (856kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (594kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (803kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (341kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kepemimpinan transformasional, organizational citizenship behavior, kohesivitas guru, dan komitmen organisasi, (2) pengaruh kepemimpinan transformasional dan organizational citizenship behavior secara parsial terhadap kohesivitas guru, (3) pengaruh kepemimpinan transformasional dan organizational citizenship behavior secara simultan terhadap kohesivitas guru, (4) pengaruh kepemimpinan transformasional, organizational citizenship behavior dan kohesivitas guru secara parsial terhadap komitmen organisasi, (5) pengaruh kepemimpinan transformasional, organizational citizenship behavior dan kohesivitas guru secara simultan terhadap komitmen organisasi, (6) pengaruh kohesivitas guru sebagai variabel intervening antara kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi guru, (7) pengaruh kohesivitas guru sebagai variabel intervening antara organizational citizenship behavior terhadap komitmen organisasi guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan angket yang diperoleh dari 45 responden. Teknik analisis data melalui analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan path analysis. Adapaun lokasi penelitian di MI Muhammadiyah Kedungsari, MI Muhammadiyah Bae, MI Muhamamdiyah Undaan, dan SD Muhammadiyah Gribig. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa: (1) kepemimpinan transformasional, Organizational Citizenship Behavior, komitmen organisasi guru dalam kategori tinggi, sedangkan kohesivitas guru dalam kategori sangat tinggi. (2) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kohesivitas guru dengan nilai thitung 2,130 dengan pengaruh langsung sebesar 0,081. Dan terdapat pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kohesivitas guru dengan nilai thitung 4,905 dengan pengaruh langsung sebesar 0,429. (3) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional dan organizational citizenship behavior secara simultan terhadap kohesivitas guru dengan nilai Fhitung 111,562, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,917 dan nilai koefisien determinasi sebesar 84,2%. (4) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi dengan nilai nilai thitung 3,393 dengan pengaruh langsung sebesar 0,206. Dan tidak terdapat pengaruh organizational citizenship behavior terhadap komitmen organisasi dengan nilai thitung 0,988 dengan pengaruh langsung sebesar 0,024. OCB tidak dapat mempengaruhi komitmen organisasi bisa jadi karena guru melakukan OCB semu, maksudnya adalah OCB yang hanya dilakukan ketika berada didepan kepala sekolah atau ketika mendapatkan kesempatan didepan umum. Beberapa alasan dilakukannya OCB semu karena ingin mendapatkan pujian, reward, atau bahkan agar diterima dengan baik di sekolah tersebut. Kemudian terdapat pengaruh kohesivitas guru terhadap komitmen organisasi dengan nilai thitung 2,408 dengan besar pengaruh langsung 0,124. (5) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional, organizational citizenship behavior dan kohesivitas guru secara simultan terhadap komitmen organisasi dengan nilai Fhitung 84,180 dengan nilai koefisien korelasi 0,928 dan koefisien determinasi sebesar 86%. (6) tidak terdapat pengaruh kohesivitas guru sebagai variabel intervening antara kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi guru dengan nilai thitung 1,524952384 dengan nilai pengaruh tidak langsung sebesar 0,115. Tidak berpengaruhnya kohesivitas guru sebagai variabel intervening antara kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasi guru bisa jadi dikarenakan kepala sekolah dianggap buruk sebab tidak mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, maka guru –guru merasa bahwa kepemimpinan transformasional tersebut tidak dapat memerikan dampak yang berarti untuk kenyamanan dan kebaikan warga sekolah. Hal tersebut berimbas pada kinerja guru yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan sekolah bahkan dapat menciptakan keinginan guru untuk pindah atau meninggalkan sekolah tersebut. (7) terdapat pengaruh kohesivitas guru sebagai variabel intervening antara organizational citizenship behavior terhadap komitmen organisasi guru dengan nilai thitung 2,163523514 dengan pengaruh tidak langsung sebesar 0,091.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepemimpinan transformasional, organizational citizenship behavior, kohesivitas guru, komitmen organisasi. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 02:15 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8537 |
Actions (login required)
View Item |