Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Melalui Hiden Kurikulum (Studi kasus MTS Mazroatul Huda Karanganyar Demak)

Khotimah, Nurul (2022) Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Melalui Hiden Kurikulum (Studi kasus MTS Mazroatul Huda Karanganyar Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (498kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (542kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (545kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)

Abstract

Kurikulum Pendidikan merupakan suatu hal terpenting dalam pelaksanaan suatu program pendidikan. Sedangkan kurikulum tersembunyi merupakan aturan tidak tertulis, yang dilaksanakan oleh guru dalam mewujudkan tujuan tertentu dalam pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa terhadap pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa melalui hidden curriculum, serta apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa melalui hidden curriculum di MTs Mazroatul Huda Karanganyar Demak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di MTs Mazroatul Huda Karanganyar Demak. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru PAI, dan siswa. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis, penelitian ini berhasil memperoleh tiga temuan, yaitu: 1) diwujudkan dalam bentuk pelaksanaan program keagamaan yaitu kegiatan pondok pesantren kilat, shalat berjamaah, doa bersama, baca tulis al-Quran, ekstra keagamaan, kajian islami, acara khotmil Quran, kegiatan keagamaan tahunan dan penciptaan suasana religius di sekolah. 2) Beberapa faktor yang mendukung guru PAI dalam pembinaan karakter religius peserta didik MTs Mazroatul Huda yaitu mendapat respon dan dukungan positif dari guru lain, adanya perbuatan baik yang selalu diulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan dan terbentuknya akhlak yang baik pada peserta didik, sarana prasarana yang memadai, serta lingkungan keluarga. 3) Sedangkan faktor penghambat guru PAI dalam pembinaan karakter religius peserta didik MTs Mazroatul Huda yaitu adanya pengaruh dari lingkungan masyarakat yang kurang baik sehingga pergaulan peserta didik menjadi tidak benar dan menyimpang, keterbatasan waktu, Kemudian adanya pengaruh dari penggunaan media elektornik seperti gadget, media sosial dan internet

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Tersembunyi, Guru PAI, Religiusitas
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:19
Last Modified: 16 Feb 2023 06:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8559

Actions (login required)

View Item View Item