Penerapan Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati

Jannah, Aulia Miftahul (2022) Penerapan Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (564kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran IPS yang membosankan dan kurang bernilai karena hanya fokus dengan pengahafalan secara teori saja. Oleh karena itu, perlunya untuk diperluas dengan mengintegrasikan nilai Islam dalam pembelajaran di sekolah agar menjadi lebih bernilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati, (2) faktor pendorong dan penghambat dalam Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati, (3) Respon guru dan siswa terhadap integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui metode obsevasi, wawancara dan juga dokumentasi. Kemudian semua data dikumpulkan dan selanjutnya dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Integrasi nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati diketahui sudah cukup maksimal, pelaksanaannya melalui motivasi, pembiasaan dan keteladaan untuk meningkatkan hasil belajar, meningkatkan keimanan dan juga membentuk karakter pengembangan akhlak peserta didik seperti, keteladaan membaca, keteladanan mendengar, keteladanan waktu, keteladanan bertingkah laku dan keteladanan kebersihan. 2) Faktor Pendorong adalah Orang tua yang selalu bersemangat, mendukung dan membimbing siswa untuk belajar di luar lingkungan sekolah, Lingkungan di luar sekolah mendukung adanya program-program sekolah yang berkaitan dengan integrasi nilai Islam, Sekolah berbasis Islam yang mendukung adanya integrasi nilai Islam, Komponen sekolah bersatu dan bersemangat untuk membentuk karakter peserta didik agar berakhlakul kharimah sesuai nilai Islam, Hubungan antara guru dan peserta didik menjadi lebih baik, dan Peserta didik yang selalu berantusias dan semangat dalam proses pelaksanaan KBM. 3) Respon guru dan peserta didik menunjukan respon yang cukup baik, dengan adanya penerapan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPS ini guru merasa dimudahkan dan peserta didik senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Nilai-nilai Islam, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Feb 2023 07:22
Last Modified: 20 Feb 2023 07:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8611

Actions (login required)

View Item View Item