Jannah, Aulia Miftahul (2022) Penerapan Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (277kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (484kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (667kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (349kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (564kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (346kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (518kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran IPS yang membosankan dan kurang bernilai karena hanya fokus dengan pengahafalan secara teori saja. Oleh karena itu, perlunya untuk diperluas dengan mengintegrasikan nilai Islam dalam pembelajaran di sekolah agar menjadi lebih bernilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati, (2) faktor pendorong dan penghambat dalam Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati, (3) Respon guru dan siswa terhadap integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui metode obsevasi, wawancara dan juga dokumentasi. Kemudian semua data dikumpulkan dan selanjutnya dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Integrasi nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII di SMP Islam Al-Mukaromah Juwana Pati diketahui sudah cukup maksimal, pelaksanaannya melalui motivasi, pembiasaan dan keteladaan untuk meningkatkan hasil belajar, meningkatkan keimanan dan juga membentuk karakter pengembangan akhlak peserta didik seperti, keteladaan membaca, keteladanan mendengar, keteladanan waktu, keteladanan bertingkah laku dan keteladanan kebersihan. 2) Faktor Pendorong adalah Orang tua yang selalu bersemangat, mendukung dan membimbing siswa untuk belajar di luar lingkungan sekolah, Lingkungan di luar sekolah mendukung adanya program-program sekolah yang berkaitan dengan integrasi nilai Islam, Sekolah berbasis Islam yang mendukung adanya integrasi nilai Islam, Komponen sekolah bersatu dan bersemangat untuk membentuk karakter peserta didik agar berakhlakul kharimah sesuai nilai Islam, Hubungan antara guru dan peserta didik menjadi lebih baik, dan Peserta didik yang selalu berantusias dan semangat dalam proses pelaksanaan KBM. 3) Respon guru dan peserta didik menunjukan respon yang cukup baik, dengan adanya penerapan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPS ini guru merasa dimudahkan dan peserta didik senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Nilai-nilai Islam, Pembelajaran IPS |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Mata Pelajaran Lain (IPS, Musik, Sejarah, Geografi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 07:22 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 07:22 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8611 |
Actions (login required)
View Item |