Studi Eksperimen Efektivitas Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berwawasan Tanaman Obat Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Plantae di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak

Ni’mah, Inayatun (2022) Studi Eksperimen Efektivitas Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berwawasan Tanaman Obat Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Plantae di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (396kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (763kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (824kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (761kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (980kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (304kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Pengetahuan tanaman obat perlu dikenalkan kepada siswa. Berdasarkan hasil identifikasi tanaman disekitar MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak, didapatkan 30 spesies tanaman yang berpotensi obat untuk mendukung pembelajaran materi Plantae. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berwawasan tanaman obat terhadap hasil belajar dan respon kepuasan siswa pada pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument tes dan angket. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-Test dan uji N-Gain, sedangkan data hasil respon kepuasan siswa dianalisis menggunakan uji deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berwawasan tanaman obat efektif terhadap hasil belajar siswa, terbukti pada nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0.00 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 di terima, artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, terbukti pada nilai N-Gain yang diperoleh kelas ekperimen sebesar 62,44, sedangkan nilai N-Gain kelas kontrol diperoleh sebesar 33,93. Respon kepuasan siswa pada penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan JAS berwawasan tanaman obat berkategori baik dan sangat baik 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jelajah Alam Sekitar (JAS), Tanaman Obat, Hasil Belajar, Plantae.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:17
Last Modified: 22 Feb 2023 01:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8660

Actions (login required)

View Item View Item