Implementasi pembentukan karakter kebangsaan pada Mata Pelajaran Ke-NU-an Di kelas VII F MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus

Koribah, Koribah (2022) Implementasi pembentukan karakter kebangsaan pada Mata Pelajaran Ke-NU-an Di kelas VII F MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (261kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (571kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

Tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu : (1)Untuk mengetahui gambaran mata palajaran Ke-NU-an kelas VII F MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus.(2) Untuk mengetahui bagaimana proses internalisasi pembentukan karakter kebangsaan di MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus.(3) Untuk mengetahui pembentukan karakter kebangsaan pada mata pelajaranKe-NU-an kelas VII F MTs NU Nurul Huda Jetak Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini yaitu Field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.Adapun sumberdata yang digunkan yaittu Pertama, sumber data primer meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Ke-NU-an, dan peserta didik di kelas VII FMTs NU Nurul Huda. Kedua, sumber sekunder diperoleh dari kepustakaan melalui jurnal dan buku-buku, dan dokumentasi dari Tenaga Usaha MTs NU Nurul Huda. Hasil Penelitian ini menunjukan: 1) Gambaran mata pelajaran Ke-NU-an di MTs NU Nurul Huda sesuai dengan Standar Kurikulum Lembaga Maarif NU Jawa tengah mengggunkan K13 yang meliputi Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar ,RPP dan silabus.2) Proses internalisasi pembentukan karakter kebangsaan dilaksanakan dengan pembiasaan rutin, pembiasaan yang sering diterapkan dalam jati diri yaitu karakter religius, cinta tanah air, sopan santun, toleransi, ramah saling tegur sapa satu sama lain dan nasionalisme. 3) Pembentukan karakter kebangsaan pada mata pelajaran Ke-NU-an mengarah pada implementasian nilai-nilai di dalam tingkah lakusehari-hari melalui proses pembelajaran dan juga dilakukan dalam pembelajaran didalam kelas dan juga menjalankan kebijakan-kebijakan dari sekolahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Karakter kebangsaan, Mata Pelajaran Ke-NU-an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:43
Last Modified: 22 Feb 2023 01:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8671

Actions (login required)

View Item View Item