Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas VIII Di MTs NU Hasyim As’yari 03 Kudus

Isnaini, Siti Nor (2022) Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas VIII Di MTs NU Hasyim As’yari 03 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (404kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (499kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (858kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (342kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus, untuk mengetahui hasil pembelajaran metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus, untuk mengetahui faktor yang mempengaruh metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik kelas VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini pertama kepala sekolah, subjek kedua guru mata pelajaran IPS, dan subjek ketiga peserta didik kelas VIII di MTs NU Hasyim As’yari 03 Kudus. Adapun teknik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian kebsahan data menggunakan uji credibility, pengujian transferability, pengujian depenability, pengujian confirmability. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Disaat proses pembelajaran IPS kelas di VIII di MTs NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus guru memilih metode belajar diskusi. Adapun beberapa langkah dalam pelaksanaan metode diskusi yaitu: guru mempersiapkan materi, guru membagi kelompok, guru membantu peserta didik mengidentifikasi permasalahan, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, guru menyampaikan hasil kerja kelompok. (2) Disaat penerapan metode diskusi pertama sebagian besar belum mencapai nilai KKM. Hal tersebut karena saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik belum bisa kondusif, masih ada yang tidak memperhatikan. Kemudian guru menerapkan metode belajar yang kedua. Diterapkan kembali oleh guru dengan metode diskusi peserta didik sudah memperlihatkan keberhasilan. Terbukti dengan hasil belajar peserta didik sudah mencapai KKM. Pada saat proses pembelajaran yang kedua peserta didik sudah bisa diatur atau bisa mengikuti arahan dari guru, bahkan saat proses diskusi berlansgung peserta didik sudah tidak ragu untuk memberikan ide-ide yang dimiliki, mereka kompak untuk saling memberikan atau menyampaikan idenya. (3) Diterapkan metode belajar diskusi berpengaruh terhadap bebrapa faktor yaitu faktor pendorong dan faktor penghambat. Faktor pendorongnya antara lain, meningkatkan pengetahuan, meningkatkan keterampilan, meningkatkan minat belajar. faktor penghambatnya antara lain: peserta didik yang malas berpikir, peserta didik yang mengobrol dengan temannya, kurangnya tingkat keberanian. Adapun solusi dalam mengatasi faktor penghambat tersebu yaitu memberikan peringatan dan sangsi, memberikan motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode diskusi, Hasil belajar, IPS.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:45
Last Modified: 22 Feb 2023 06:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8675

Actions (login required)

View Item View Item