Efektivitas Pemanfaatan Greenhouse sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Materi Plantae di MA Salafiyah Kajen Pati

Alimiyyah, Nurul (2022) Efektivitas Pemanfaatan Greenhouse sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Materi Plantae di MA Salafiyah Kajen Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (676kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (320kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (636kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (508kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)

Abstract

MA Salafiyah Kajen memiliki greenhouse yang layak. Akan tetapi dalam pemanfaatnnya sebagai sumber belajar belum dapat dikatakan maksimal. Hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Biologi pada materi Kingdom Plantae masih tergolong rendah dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas greenhouse sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar kognitif pada materi Kingdom Plantae di MA Salafiyah Kajen, Pati. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 8 Januari - 8 Februari 2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, dengan desain yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA di MA Salafiyah Kajen, Pati. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel kelas X E sebagai kelas eksperimen dan kelas X F sebagai kelas kontrol, masing-masing memiliki jumlah sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t dependent. Hasil penelitian menunjukkan: rata-rata skor posttest hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kontrol berbeda, yaitu 82,66 dan kontrol sebesar 78,00. Nilai t hitung > t tabel (2,426 > 1,999) maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan antara hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kontrol. Penggunaan greenhouse sebagai sumber belajar juga mendapat respon yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Greenhouse, Hasil belajar kognitif, Materi Plantae
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:52
Last Modified: 23 Feb 2023 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8705

Actions (login required)

View Item View Item