Efektivitas Model Project Based Learning Berbantu Software Prezi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Penanggulangan Bencana (Mitigasi Bencana) Pada Materi Lapisan Bumi Dan Bencana

Rachmadi, Bramantio Eka (2022) Efektivitas Model Project Based Learning Berbantu Software Prezi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Penanggulangan Bencana (Mitigasi Bencana) Pada Materi Lapisan Bumi Dan Bencana. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (421kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (505kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (876kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (439kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (566kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model project based learning berbantu software prezi terhadap kemampuan berpikir kreatif penanggulangan bencana (mitigasi bencana) pada materi lapisan bumi dan bencana, menganalisis kemampuan berpikir kreatif penanggulangan bencana (mitigasi bencana) pada materi lapisan bumi dan bencana dengan memakai model project based learning berbantu software prezi, dan menganalis efektivitas model project based learning berbantu software prezi terhadap kemampuan berpikir kreatif penanggulangan bencana (mitigasi bencana) pada materi lapisan bumi dan bencana. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek Penelitian adalah Kelas VII F dan VII H SMP Negeri 1 Pulokulon yang berjumlah 61 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara,dandokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis intrumen, analisis deskriptif, dan analisis statitistik inferensensial. Analisis Intrumen meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda. Adapun analisis deskripti, analisis statistic inferensial menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesisi yaitu uji independent Sample t-tes, uji dependent sample t-tes,uji N-gain, uji one sample-t-test. Hasil uji independent sample t-tes diperoleh Sig.t-test (2-tailed) 0,00 0,05 yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya dijelaskan terdapat perbedaan yang signifikan antara model project based learning berbantu software prezi pada kemampuan berpikir kreatif penanggulangan bencana (mitigasi bencana) yang menggunakan model project based learning berbantu software prezi dengan model konvensional. Adapun skor rata-rata kemampuan berpikir kreatif sebelum penerapan pada kelas ekperimen 10,64 sedangkan rata-rata sesudah penerapan pada kelas ekperimen 15,07. Selain itu hasil dari uji N-gain di peroleh Rata-rata N-gain skore kelas eksperimen berada pada nilai 0,3 ≤ g < 0,7 dengan rata-rata sebesar 0,4410 sehingga berada pada ketegori “sedang”, sedangkan Rata-rata N-gain skore kelas kontrol berada pada nilai g < 0,3 dengan rata-rata sebesar 0,0682 sehingga berada pada ketegori “Rendah”. Untuk hasil uji one sample-t-test memperoleh nilai Sig.t-test (2-tailed) 0,00 0,05 hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil penerapan model project based leaning berbantu software prezi dengan standar kriteria ketuntasan yaitu 75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based leaning berbantu software prezi efektif digunakan untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif penanggulangan bencana (mitigasi bencana) pada materi lapisan bumi dan bencana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning, Software Prezi, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:54
Last Modified: 23 Feb 2023 06:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8719

Actions (login required)

View Item View Item