Implementasi Pembelajaran Online (Daring) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B di MTs Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2020/2021

Inayah, Syifaul (2022) Implementasi Pembelajaran Online (Daring) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B di MTs Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (305kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (862kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (395kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (555kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang persiapan yang dilakukan guru maupun siswa sebelum melaksanakan pembelajaran online (daring) di MTs. Madarijul Huda Kembang Dukuhseti Pati tahun pelajaran 2020/2021, untuk mengetahui tentang implementasi pembelajaran online (daring) dalam meningkatkan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui tentang dampak dan kendala bagi siswa dan orang tua saat pembelajaran online (daring) yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yakni metode yang memusatkan perhatian pada masalah-masalah dan fakta-fakta yang terjadi di lapangan pada saat penelitian. Yakni memaparkan atau menggambarkan suatu hal, misalnya keadaan, kondisi, peristiwa, situasi, kegiatan, dan lain sebagainya yang hasilnya nanti akan dipaparkan dalam bentuk laporan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru wali kelas VII B, para guru kelas VII B, siswa kelas VII B serta orang tua kelas VII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data, mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan guna mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa persiapan yang dilakukan sebelum pembelajaran daring terlebih dahulu mempersiapkan berbagai peralatan, seperti alat-alat tulis, buku-buku mata pelajaran, modul, hp, laptop, komputer, kamera, jaringan internet yang stabil/wifi, ruangan yang nyaman untuk proses pembelajaran dan lain sebagainya. Mempersiapkan platform-platform yang akan digunakan, untuk mempermudah dalam pembelajaran daring, yakni whatsapp, classroom, google meet maupun zoom. Kemudian, implementasi pembelajaran daring dalam meningkatkan hasil belajar siswa para guru selalu berinteraksi kepada semua para siswi, mengontrol, memantau serta selalu membimbing para siswi dengan menanyai semua keluh kesah mereka selama pembelajaran daring, serta selalu berusaha semaksimal mungkin dalam proses pembelajaran daring ini agar para siswa tidak selalu kesulitan dalam pembelajarannya. Selain itu juga, dengan memberi tugas, pertanyaan-pertanyaan yang bersifat langsung dan lain sebagainya. Karena, cara mengajar guru itu berbeda-beda dan daya ingat maupun daya serap para siswa saat menangkap informasi atau materi pelajaran juga berbeda-beda. Ada siswa yang pandai ada yang kurang pandai serta karena adanya berbagai faktor internal maupun eksternal. Adapun dampaknya, dari dampak positifnya, siswa lebih bisa memanage waktunya dengan baik, memiliki sikap bertanggung jawab, lebih mandiri, melatih kedewasaan mereka dan lain sebagainya. Sedangkan dampak negatifnya, tidak adanya minat belajar, siswa mudah merasa pusing, banyak yang bingung, lelah, bosan, sakit kepala, mudah emosi, ketergantungan dengan gadget dengan alasan mengerjakan tugas, sering berbohong dan lain sebagainya. Sedangkan kendalanya, signalnya yang kurang stabil, paket data internetnya yang tiba-tiba habis, memori hp yang penuh, banyak materi pelajaran yang tidak dapat dipahami secara langsung, faktor tempat tinggal, faktor ekonomi, keadaaan orang tua yang sudah menginjak sepuh maupun jarang ada di rumah karena bekerja dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran Daring, Platform, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Dampak dan Kendala
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:18
Last Modified: 24 Feb 2023 02:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8728

Actions (login required)

View Item View Item