Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Menggunakan Media Gambar di Kelas VII SMP Islam Al Hidayah Langon Tahunan Jepara. Institut Agama Islam Negeri Kudus

Sari, Cindy Fatika (2022) Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Menggunakan Media Gambar di Kelas VII SMP Islam Al Hidayah Langon Tahunan Jepara. Institut Agama Islam Negeri Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (388kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (496kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (358kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (652kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (299kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban dari rumusan masalah. Skripsi ini membahas tentang implementasi pengajaran teks deskriptif dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VII MTs Al Hidayah Langon Tahunan Jepara. Dalam tugas akhir ini, peneliti memiliki tiga permasalahan penelitian, yang pertama adalah mengetahui pelaksanaan pembelajaran menulis teks deskriptif menggunakan media gambar, faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran menulis teks deskriptif menggunakan media gambar, hasil proses pembelajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan media gambar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data diperoleh dengan mengamati penggunaan media gambar untuk mendeskripsikan teks dalam keterampilan menulis siswa kelas VII MTs AL Hidayah Langon Tahunan Jepara. Dalam tugas akhir ini, peneliti memiliki tiga permasalahan penelitian, yang pertama adalah pelaksanaan pembelajaran menulis teks deskriptif menggunakan media gambar, faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran menulis teks deskriptif menggunakan media gambar, hasil proses pembelajaran menulis teks deskriptif dengan menggunakan media gambar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data diperoleh dengan mengamati penggunaan media gambar untuk mendeskripsikan teks dalam keterampilan menulis siswa kelas VII MTs AL Hidayah Langon Tahunan Jepara. Hasil observasi peneliti mendeskripsikan bagaimana guru menggunakan media gambar untuk mendeskripsikan teks dalam pembelajaran keterampilan menulis kemudian peneliti melakukan wawancara dengan guru, siswa dan pihak terkait seperti kepala sekolah dan waka kurikulum untuk mengetahui penerapan pembelajaran menggunakan media gambar dalam teks deskripsi , Faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran. Selain itu, peneliti menggunakan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam menulis khususnya teks deskriptif dapat membantu siswa dengan mudah mendapatkan ide, termotivasi dan mempermudah dalam menulis, sehingga strategi belajar mengajar tidak membuat siswa bosan dan dapat menyenangkan dalam pembelajaran. dan proses pembelajaran, khususnya dalam pengajaran menulis. Selain itu, guru melakukan beberapa tahapan seperti memperkenalkan teori, praktik dan mengevaluasi hasil siswa lain. Dalam prosesnya, siswa belajar tentang bagaimana mengembangkan ide-ide mereka, menyusun kalimat menjadi paragraf yang baik, menerjemahkan hasil mereka, sehingga situasi kelas bisa ramai. Kemudian, guru harus mengontrol aktivitas siswa di dalam kelas. Peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu cara untuk memperkaya referensi dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas tujuh dan juga sebagai pertimbangan guru untuk memilih media gambar sebagai alternatif strategi untuk membantu dan membuat siswa menulis paragraf dengan baik, dengan mudah dan nikmati prosesnya dengan nilai yang bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Teks Deskriptif, Media Gambar, Sekolah Menengah Pertama
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:25
Last Modified: 27 Feb 2023 07:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8770

Actions (login required)

View Item View Item