Penggunaan Media Puzzle Dalam Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Kerjasama Siswa Kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara

Wahyudi, Tri Imam (2022) Penggunaan Media Puzzle Dalam Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Kerjasama Siswa Kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (447kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (489kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Penggunaan media puzzle dalam pembelajaran IPS untuk menumbuhkan kerjasama siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. 2) Respon siswa pada pembelajaran IPS kelas VII melalui media puzzle di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat pada penggunaan media puzzle dalam pembelajaran IPS untuk menumbuhkan kerjasama siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sesuai dengan objek kajian maka jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan mengambil lokasi di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Subjek dalam penelitian ini berupa kepala Madrasah, Guru IPS kelas VII, dan siswa kelas VII B. Sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Penggunaan media puzzle dalam pembelajaran IPS untuk menumbuhkan kerjasama siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Dalam pembelajaran IPS tersebut dapat menumbuhkan kerjasama siswa dengan meliputi persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan penilaian. Guru dalam pembelajaran IPS membuat RPP terlebih dahulu dan menyiapkan media pembelajaran puzzle. Melalui pembelajaran dengan menggunakan media puzzle ini dimana terdapat sebuah aturan-aturan yang ada dalam permainan, adanya tujuan untuk meraih kemenangan, serta adanya sebuah persaingan dengan kelompok lain. Hal itulah yang akan mendorong siswa untuk saling bekerjasama. 2) Respon siswa pada pembelajaran IPS kelas VII melalui media puzzle di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Menunjukan respon yang baik, siswa berantusias untuk menyelesaikan kepingan puzzle tersebut menjadi gambar utuh secara bekerjasama dengan kelompoknya. Sehingga secara tidak langsung juga siswa belajar komunikasi, tanggung jawab dan saling menghargai. Sehingga didalam sebuah kelompok selain siswa dapat memahami materi pelajaran IPS, 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat pada penggunaan media puzzle dalam pembelajaran IPS untuk menumbuhkan kerjasama siswa kelas VII. Faktor pendukungnya meliputi fasilitias yang mendukung, antusias siswa, dan peran guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu terbatasnya waktu dan siswa yang kurang aktif dan percaya diri dalam berkelompok

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Puzzle, Pembelajaran IPS, Kerjasama
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:32
Last Modified: 01 Mar 2023 01:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item View Item