Annisa, Khoiri Datun (2022) Analisis Minat Belajar Ditinjau Dari Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas V SDN Bonang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (453kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (438kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (796kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (408kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (483kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (369kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan analisis minat belajar ditinjau dari penggunaan media animasi dalam pembelajaran Matematika Materi Satuan Jarak dan Kecepatan di kelas V SDN Bonang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Mendeskripsikan kendala analisis minat belajar ditinjau dari penggunaan media animasi dalam pembelajaran Matematika Materi Satuan Jarak dan Kecepatan di kelas V SDN Bonang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. (3) Mendeskripsikan upaya guru untuk mengatasi kendala dalam analisis minat belajar ditinjau dari penggunaan media animasi dalam pembelajaran Matematika Materi Satuan Jarak dan Kecepatan di kelas V SDN Bonang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif dimana peneliti studi langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang mendalam. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan studi kasus dimana peneliti menggali data secara rinci dan mendalam. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media animasi diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas V SDN Bonang agar peserta didik aktif dalam pembelajaran serta dapat menambah minat dan semangat dalam belajar matematika. Sedangkan langkah-langkah penerapan media animasi dalam pembelajaran matematika yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran, menejelaskan materi pelajaran, menyiapkan alat yang digunakan dalam menampilkan media animasi, refleksi, memulai menampilkan media animasi, dan membuat kesimpulan 2) Kendala minat belajar ditinjau dari penggunaan media animasi dalam pembelajaran Matematika. Adapun kendalanya yaitu sarana media vidio pembelajaran yang masih kurang, guru masih kesulitan mengatur waktu saat proses pembelajaran, guru terkadang masih kerepotan saat mempersiapkan alat-alat media vidio pembelajaran, dan guru kesulitan dalam mengkondisikan siswa saat video pembelajaran mulai ditampilkan atau diputar 3) Upaya guru dalam mengatasi kendala minat belajar ditinjau dari penggunaan media animasi dalam pembelajaran Matematika. Adapun upaya untuk mengatasinya yaitu dengan cara pengadaan tambahan peralatan media video pembelajaran, untuk vidio yang durasinya lama guru harus mampu memotong atau cut bagian isi atau konten video yang tidak diperlukan, membuat tempat permanen untuk peralatan media vidio pembelajaran seperti LCD, proyektor, speaker dll, dan sebaiknya pada awal pembelajaran guru perlu memberikan arahan dan perjanjian kepada siswa agar siswa tidak gaduh nantinya saat vidio pembelajaran mulai diputar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Animasi, Minat Belajar, Pembelajaran Matematika. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 03:04 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 03:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8864 |
Actions (login required)
View Item |