Efektivitas Penerapan Startegi Pembelajaran Remedial melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Mu’asaroh, Herdiyanti Putri (2022) Efektivitas Penerapan Startegi Pembelajaran Remedial melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2-ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
3-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
5-BAB II.pdf

Download (437kB)
[img] Text
6-BAB III.pdf

Download (436kB)
[img] Text
7-BAB IV.pdf

Download (785kB)
[img] Text
8-BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
9-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)

Abstract

Matematika bagi sebagian peserta didik dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, terlebih pada soal yang berbentuk cerita. Peserta didik cenderung kesulitan mengaplikasikan pengetahuan yang telah dimiliki untuk menyelesaikan soal kontekstual. Oleh karena itu, peneliti meneliti langsung ke lapangan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor penyebab kesulitan peserta didik dalam belajar matematika dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi kesebangunan dan kekongruenan, selain itu peneliti berusaha mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika apabila mendapat perlakukan pembelajaran remedial melalui pendekatan contextual teaching and learning. Sebanyak 35 peserta didik kelas IX MTs Negeri 1 Demak menjadi subyek penelitan. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Yang mana penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-Experimental Designs. Kemudian untuk desain penelitiannya adalah One Group Pre-Test Post-Test. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Teknik tes berupa pemberian soal tes diagnostik untuk mengetahui letak kesulitan belajar peserta didik pada materi kesebangunan dan kekongruenan, kemudian juga diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi kesebangunan dan kekongruenan. Setelah dilakukan penelitian, didapatkan hasil bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi kesebangunan dan kekongruenan kelas IX masih dapat dikategorikan rendah dan berdasar pada hasil uji hipotesis komparasi dua rata-rata berpasangan didapatkan nilai signifikansi 0.00 atau kurang dari α=0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkan strategi pembelajaran remedial melalui pendekatan contextual teaching and learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tes Diagnostik, Pembelajaran Remedial, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:52
Last Modified: 03 Mar 2023 03:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8870

Actions (login required)

View Item View Item