Penerapan Metode Pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan Bantuan Permainan Puzzle Terhadap Efektivitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKN Kelas V di MI NU Al- Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus

Sholehah, Amatullah (2022) Penerapan Metode Pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan Bantuan Permainan Puzzle Terhadap Efektivitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKN Kelas V di MI NU Al- Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (781kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (545kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (619kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (379kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan Bantuan Permainan Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar dan mengetahui perbedaan antara hasil pretest dan posttest dalam menggunakan metode pembelajaran CRH (Course Review Horay) pada pembelajaran PPKn di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen semu (Quasi Ekperimental Design) tipe Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua peserta didik kelas V yang berjumlah 46. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes (pretest dan posttest) digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan Kuesioner (angket). Hasil pretest sebelum menggunakan efektivitas metode pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan Bantuan Permainan Puzzle dalam pembelajaran PPKn kelas V di MI Nu Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus sebesar 58,958, sedangkan hasil pretest menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 56,136. Hasil posttest setelah menggunakan efektivitas metode pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan Bantuan Permainan Puzzle dalam pembelajaran PPKn kelas V di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus sebesar 76,875. Sedangkan hasil posttest menggunakan metode pembelajaran konvensional sebesar 74,318. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan metode pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan Bantuan Permainan Puzzle dalam pembelajaran PPKn kelas V di MI NU Al-Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Dari hasil uji t kelas eksperimen diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,183 > 1,711). Serta ditunjukkan dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05 yang berarti signifikan dengan taraf signifikan 5%. Sedangkan hasil uji t kelas kontrol diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel (2,932 > 1,717). Serta ditunjukkan dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05 yang berarti signifikan dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pada uji pretest dan posttest. Sedangkan hasil uji t posttest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t-hitung lebih kecil dari t-tabel yaitu (0,458 < 1,679). Serta ditunjukkan dengan nilai signifikan 0,649 > 0,291. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pada uji posttest kelas eksperimen dengan metode Course Review Horay dengan bantuan permainan Puzzle dan posttest kelas kontrol dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Course Review Horay, Puzzle, Hasil Belajar, Pembelajaran PPKn
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:17
Last Modified: 06 Mar 2023 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8886

Actions (login required)

View Item View Item