Maisah, Siti Nasirotul (2022) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Nurul Ulum Geyer Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (242kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (318kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (216kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (336kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (191kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakmampuan peserta didik dalam membaca dan menulis bahasa Arab. Tujuan penelitian ini untuk : (1) mendeskripsikan dan menganalisis persiapan dalam menyusun model pembelajaran kooperatif Think Pair Square dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa arab siswa kelas V MI Nurul Ulum, Geyer, Grobogan, (2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat Implementasi model pembelajaran kooperatif Think Pair Square dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa arab siswa kelas V MI Nurul Ulum, Geyer, Grobogan, dan (3) mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi model pembelajaran kooperatif Think Pair Square dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa arab siswa kelas V MI Nurul Ulum, Geyer, Grobogan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang diamati adalah kepala Madrasah, guru mata pelajaran bahasa Arab, dan siswa kelas V. Sumber data diperoleh dari : (1) Data primer, dari : wawancara dan observasi, dan (2) Data sekunder, dari : hasil pengamatan dan interview langsung. Tekning pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observation), wawancara mendalam ( indepeth interview) dan dokumentasi. Menguji keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, diskusi sejawat. Data dianalisis menggunakan teknik dari Miles dan Huberman yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Persiapan dalam menyusun model pembelajaran kooperatif Think Pair Square dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa arab siswa kelas V yaitu menyusun RPP dan memperhatikan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif Think Pair Square yaitu (a) Think (perfikir), (b) Pair (berpasangan), dan (c) Square (berkelompok). (2) faktor pendukung model pembelajaran kooperatif Think Pair Square dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas V antara lain : (a) Terpenuhinya bahan ajar, (b) Minat belajar. Adapun faktor penghambat model pembelajaran kooperatif Think Pair Square dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas V antara lain : (a) Kondisi latar belakang pendidikan tenaga pengajar, (b) Kemampuan peserta didik yang tidak merata, (c) Tidak ada pembiasaan diluar sekolah. (3) Implementasi model pembelajaran Kooperatif Think Pair Square dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas V MI Nurul Ulum Geyer Grobogan ada 3 kegiatan yaitu Think (berfikir) Pada tahap ini adalah tahap pemikiran pribadi pertama mengenai hal yang ada. Pemikiran harus dibatasi sehingga siswa benar-benar bisa fokus pada poin pertama, Pair (berpasangan) Pada tahap ini siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan. Siswa dapat melakukan sharing dengan pasangannya membahas hal yang belum dikuasi satu sama lain dan mulai menyusun jawaban dari hasil diskusinya, dan Square (berkelompok) Pada tahap ini satu kelompok berpasangan dengan kelompok lain sehingga dalam satu kelompok berisi empat siswa. Satu kelompok tersebut diminta untuk berdiskusi lagi tentang masalah yang diberikan dan menulis jawaban mereka. sesuai dengan hasil diskusi kelompok, sehingga dapat menghasilkan jawaban yang terbaik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Square |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 02:32 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 02:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8890 |
Actions (login required)
View Item |