PENERAPAN MODEL STIMULASI TERPADU UNTUK PENGEMBANGAN KREATIVITAS MEMBACA SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MI MATHOLI’UL HUDA GEMBONG PATI TAHUN AJARAN 2015/2016

iAlfiyah, Siti (2016) PENERAPAN MODEL STIMULASI TERPADU UNTUK PENGEMBANGAN KREATIVITAS MEMBACA SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MI MATHOLI’UL HUDA GEMBONG PATI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (680kB)
[img] Text
2. kata pengantar.pdf

Download (355kB)
[img] Text
3. abstrak.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. daftar isi.pdf

Download (368kB)
[img] Text
5. bab I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (615kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (435kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (627kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (392kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Model stimulasi terpadu ini merupakan model yang efektif digunakan untuk pembelajaran Al-Qur’an Hadist. Model ini dapat menyenangkan bagi peserta didik untuk semangat, dan tertarik akan membaca. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui penerapan model stimulasi terpadu untuk pengembangan kreativitas membaca siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Matholi’ul Huda Gembong Pati. 2. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pengembangan kreativitas membaca siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist melalui model stimulasi terpadu di MI Matholi’ul Huda GembongPati. Dalam penyusunannya, skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Selanjutnya untuk mendapatkan data penulis mengambil dari sumber data primer yakni peserta didik, guru dan kepala sekolah dan jenis data sekunder yakni buku-buku, majalah, foto, buku administrasi dan skripsi terdahulu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Uji keabsahan data yakn imelalui (1) Uji kredibilitas dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi,(2) Uji transferability, (3) Uji dependability, dan (4) Uji konfirmability. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verification. Hasil dari penelitian yaitu (1)penerapan model stimulasi terpadu untuk pengembangan kreativitas membaca siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist yaitu sebelum pelajaran pembelajaran dimulai guru mengajak berdo’a kepada siswa kemudian mengulas sedikit pelajaran kemarin yang telah diajarkan, kemudian peserta didik diberi pertanyaan satu persatu, kemudian melanjutkan kematerilain, (2)terdapat faktor pendukung penerapan model stimulasi terpadu untuk pengembangan kreativitas membaca siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist yaitu pelatihan yang di adakan baik dari pihak sekolah sendiri maupun dari pemerintah setempat untuk para guru yaitu,untuk mengasah kemampuan mereka dalam strategi pembelajaran agar lebih baik lagi, sarana atau media pembelajaran yang memadai dari sekolah yaitu, dari media itu sendiri yang menarik, faktor suasana belajar yang menyenangkan, sedangkan faktor penghambatnya: kurangnya fasilitas sarana pembelajaran yaitu perpustakaan yang kurang lengkap, kurangnya pemahaman peserta didik yaitu, karena faktor usia anak yang kurang dari ketentuan, serta tingkat kemampuan anak yang berbeda-beda, belum ada buku panduan khusus yang disediakan oleh sekolah yang terintegrasi antara mata pelajaran satu dengan mata pelajaran lain, tidak semua materi pembelajaran lain selain mata pelajaran Al-Qur’an Hadist bisa dikuasai oleh guru Pendidikan Agama Islam. Peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melanjutkan penelitian tentang perpaduan ilmu agama dan ilmu umum dengan model pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Stimulasi Terpadu; Pengembangan Kreativitas Membaca
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 03:49
Last Modified: 25 Mar 2017 04:22
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item