Strategi Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Proses Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Agama Siswa kelas 1 MI NU Manafiul Ulum 01 Getasrabi

Nurkhoriah, Siti (2022) Strategi Pembelajaran Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Proses Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Agama Siswa kelas 1 MI NU Manafiul Ulum 01 Getasrabi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (789kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (520kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (379kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)

Abstract

Sekolah menjadi tempat yang paling tepat menyebarkan sensivitas peserta didik pada ragam perbedaan. MI NU Manafiul Ulum 01 Getasrabi sebagai pendidikan formal mampu melaksanakan internalisasi nilai-nilai moderasi Islam bagi siswa dalam melalui adanya kegiatan pembelajaran dan kegiatan keagamaan yang ada disekolah. Penilitian disini mendeskripsikan dan menganalisis tentang internalisasi nilai-nilai moderasi agama dalam pembelajaran Aqidah akhlak di MI NU Manafiul Ulum 01 Getasrabi penilitian fokus yakni bagaimana bentuk, strategi , implikasinya internalisasi nilai-nilai moderasi Islam dalam pembelajaran Aqidah akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan studi kasus dengan jenis penilitian untuk pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi,teknik menganalisis data penelitian ini yakni menggunakan tahapan reduksi data , penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa : (1).Strategi yang dilakukan dalam menginternalisasikan nilai moderasi Islam dalam pembelajaran Aqidah akhlak di MI NU Manafiul Ulum 01 Getasrabi melalui kegiatan keagamaan maupun muatan lokal sekolah.Nilai moderasi lslam yang diinternalisasikan dalam pembelajaran Aqidah akhlak yaitu nilai keadilan (a'dalah), keseimbangan (tawazun) dan toleransi (tasamuh).(2) implikasi internalisasi nilai-nilai moderasi Islam dalam pembelajaran Aqidah akhlak untuk membentuk sikap sosial siswa kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Islam, pembelajaran Aqidah akhlak, stategi
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:37
Last Modified: 08 Mar 2023 06:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8973

Actions (login required)

View Item View Item