Musykilat Ta'lim al Lughah al Arabiyyah li Maharah al Kalam fi al Madrasah al Muthawashitah al Islamiyyah al Mabrur Wedung Demak al Sanah al Dirasah 2021/2022 M

Albab, Ulil (2022) Musykilat Ta'lim al Lughah al Arabiyyah li Maharah al Kalam fi al Madrasah al Muthawashitah al Islamiyyah al Mabrur Wedung Demak al Sanah al Dirasah 2021/2022 M. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (449kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (733kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (561kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (925kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (635kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Mahārah al-kalām pada mata pelajaran bahasa Aradi Madrasah Tsanawiyah Al Mabrur Wedung, dan untuk mengetahui problematika dalam pembelajaran Mahārah al-kalām pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al Mabrur Wedung, serta mengetahui solusi yang di berikan guru terhadap problematika pembelajaran Mahārah al- kalām pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al Mabrur Wedung. Jenis penelitian ini adalah merupakan penelitian kualitatif (qualitative reseach) yaitu suatu penelitian yang berbentuk deskriptif analitis dan hasilnya di gambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Subyek penelitian ini adalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Mabrur Wedung yang berjumlah 19 siswa. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan yaitu deskriptif-analitik, yaitu mendiskripsikan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) pelaksanaan pembelajaran mahārah al- kalām pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al Mabrur Wedung Demak masih menggunakan metode konvensional dengan tujuan membekali siswa agar dapat memiliki keterampilan bahasa. 2.) Pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan mahārah al- kalām di Madrasah Tsanawiyah Al-Mabrur tidak bisa berjalan dengan baik dalam pembelajarannya karena ada beberapa problematika. Problematika pembelajaran mahārah al-kalām pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al Mabrur Wedung ialah: metode yang di gunakan masih menggunakan metode konvensional, ketidaktahuan guru tentang metode, kurangnya motivasi dan minat yang dimiliki siswa dalam belajar serta lemahnya pengetahuan siswa tentang bahasa Arab. Adapun solusi dari problematika tersebut terdapat dua bagian yaitu dari guru dan siswa, adapun solusi yang dilakukan oleh guru adalah meningkatkan mutu pembelajaran, sedangkan solusi dari siswa adalah siswa lebih giat dalam belajar mahārah al-kalām.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, UmmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab, Maharoh Kalam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:46
Last Modified: 08 Mar 2023 07:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8983

Actions (login required)

View Item View Item