PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, KEPERCAYAAN DIRI, DAN SARANA SERTA PRASARANA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Suyanto, Suyanto (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, KEPERCAYAAN DIRI, DAN SARANA SERTA PRASARANA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (443kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (426kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (597kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (639kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (530kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (415kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa madrasah aliyah se-Kecamatan Undaan kabupaten Kudus, 2) Pengaruh kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa madrasah aliyah se-Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus,. 3) Pengaruh persepsi siswa tentang sarana dan prasarana terhadap motivasi belajar siswa madrasah aliyah se-Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, 4) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru yang dimediasi kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa madrasah aliyah se-Kecamatan Undaan kabupaten Kudus, 5) persepsi siswa tentang sarana dan prasarana dimediasi kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa madrasah aliyah se-Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan paradigma kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif verifikatif dengan metode survey dalam konteks confimatory yaitu: penelitian yang menjelaskan hubungan kausal variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Proses penelitian bersifat deduktif karena untuk menjawab rumusan masalah digunakan konsep / teori sehingga dapat merumuskan hipotesis. Hipotesis tersebut selanjutnya diuji melalui pengumpulan data di lapangan. Instrumen yang sesuai dengan indikator didesain dengan menggunakan skala Likert. Data yang telah terkumpul diolah dalam bentuk angka dan dianalisis secara kuantitatif dengan uji hipotesis dengan model analisis yang digunakan yaitu path analysis dengan menggunakan Warp PLS 5.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi belajar siswa sebesar 0,41. 2) Kepercayaan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,43. 3) Persepsi siswa tentang sarana dan prasarana berpengaruh positif dan signifikan motivasi belajar siswa sebesar 0,39. 4) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dimediasi kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 0,25. 5) Persepsi siswa tentang sarana dan prasarana dimediasi kepercayaan diri berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa madrasah aliyah se-Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 sebesar 0,25. Hasil uji persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dimediasi kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa dengan metode VAF yaitu 22,48% masuk kategori pemediasi parsial. Hasil uji persepsi siswa tentang sarana dan prasarana dimediasi kepercayaan diri terhadap motivasi belajar siswa dengan metode VAF yaitu 24,24% masuk kategori pemediasi parsial.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: persepsi; kompetensi profesional; kepercayaan diri; sarana prasarana; motivasi
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Gedung dan Bangunan Sekolah
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 04:12
Last Modified: 25 Mar 2017 04:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/899

Actions (login required)

View Item View Item