Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN Tuwang 03

Lestari, Putri Diana (2022) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN Tuwang 03. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (991kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (526kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Tuwang 03, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual kelas IV di SDN Tuwang 03. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode penelitiannya adalah eksperimen dengan design pre-experimental design bentuk one-group pretest-posttest. Populasi peserta didik kelas IV berjumlah 18 peserta didik dengan rincian 13 laki-laki dan 5 perempuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, tes (pretest dan posttest), serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data untuk analisis pendahuluan, uji normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual pada mata pelajaran IPA kelas IV di SDN Tuwang 03 yaitu pendidik menjelaskan materi pembelajaran, setelah itu menerapkan LKPD kontekstual kepada peserta didik dengan membagi kelompok dan melakukan percoban yang melibatkan benda yang terdapat dilingkungan sekitar, pendidik juga mengajak peserta didik untuk diskusi kelompok serta mempresentasikan hasil diskusinya dengan bimbingan dan arahan dari pendidik. Hal ini menjadikan peserta didik merasa senang, semangat, dan penuh antusias dalam mengikuti pembelajaran menggunakan LKPD kontesktual sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan mudah dan dapat menyelesaikan tugas yang diberikan pendidik dengan baik. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hal tersebut dibuktikan dari hasil nilai rata-rata pretest sebesar 60,00 dan nilai rata-rata posttest sebesar 81,11 serta didukung dari hasil perhitungan uji hipotesis t hitung sebanyak 6,692 > dari t tabel yaitu 2,10, sehingga dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas IV setelah diterapkannnya LKPD berbasis kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kontekstual, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:23
Last Modified: 09 Mar 2023 02:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8999

Actions (login required)

View Item View Item