Alifuddin, Afif (2022) Kreativitas Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Pada Masa Pandemi Di Madrasah Tsanawiyah NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (998kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (441kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (347kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (288kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (469kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (290kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (568kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
Abstract
Kreativitas guru sangat diperlukan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, terlebih pada masa pandemi yang menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya siswa membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an. Hal tersebut tidak terlepas dari pengaruh penggunaan smartphone pada saat pembelajaran daring. Sehingga hal tersebut tidak menutup kemungkinan siswa cenderung lebih banyak menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs NU Ibtidaul Falah Kudus, 2) Untuk mengetahui bentuk kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs NU Ibtidaul Falah Kudus, 3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs NU Ibtidaul Falah Kudus. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada beberapa narasumber, observasi serta dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran dan beberapa siswa kelas VIII di MTs NU Ibtidaul Falah dengan analisis mengguanakan reduksi data, penyajian data dan verification (penarik kesimpulan) Hasil penelitan dan pemaparan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa: 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII sudah cukup baik, sebagian besar sudah bisa membaca Al-Qur’an akan tetapi untuk makhorijul huruf dan tajwidnya masih kurang. 2) Bentuk kreativitas guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII pada masa pandemi yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran talaqqi dan metode pembelajaran drill, kerana dalam pembelajaran Al-Qur’an lebih menekankan pada praktek dan contoh-contoh langsung dari guru, sehingga pemilihan metode ini cukup efektif dalam memberi pemahaman kepada siswa. 3) Adapun beberapa faktor yang menjadi pendukung guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII antara lain : pemilihan metode pembelajaran yang menarik, sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran, dan motivasi dari sesama guru. Terdapat juga faktor yang menjadi penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII antara lain: kesulitan dalam memahami isi materi dari buku ajar, belum adanya MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), serta alokasi waktu yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an | ||||||
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:27 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:27 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9004 |
Actions (login required)
View Item |