Efektivitas Penggunaan Metode Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Perbedaan Gender Kelas Viii Mts Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Fa’iq, Zaini (2022) Efektivitas Penggunaan Metode Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Perbedaan Gender Kelas Viii Mts Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (898kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (62kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (629kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (585kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berfikir kreatif matematis disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang berpusat kepada guru, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran serta tidak ada dorongan dari peserta didik baik laki-laki atau perempuan untuk belajar matematika, akibatnya peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematikaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode reciprocal teaching terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis siswa ditinjau dari perbedaan gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs HIdayatul Mustafidin Dawe Kudus. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas A (kelas eksperimen) dan kelas B (kelas kontrol). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan tes kemampuan berfikir kratif matematis dan dokumentasi. Uji analisis menggunakan uji analisis Kruskal-Wallis. Hasil analisis kuantitatif, menunjukkan: terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik berdasarkan metode pembelajaran reciprocal teaching dan metode pembelajaran langsung ditinjau perbedaan gender, dimana kemampuan berfikir kreatif matematis peserta didik perempuan yang menggunakan metode pembelajaran reciprocal teaching lebih baik dibandingkan dengan kondisi peserta didik lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Reciprocal Teaching, Berfikir Kreatif Matematis, Gender
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:32
Last Modified: 09 Mar 2023 03:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9005

Actions (login required)

View Item View Item