Muawanah, Indah Arifatul (2022) Analisis Model Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Riset Dalam Membentuk Karakter Islami Peserta Didik (Studi Kasus di MAN Demak). Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (388kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (458kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (711kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (320kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (625kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (387kB) |
|
Text
9. BAB VI.pdf Download (366kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran Akidah Akhlak dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik yang disebabkan karena kurangnya peran aktif siswa dalam pembelajaran. Untuk itu perlu adanya inovasi baru dari pembelajaran konvensional menuju pembelajaran yang dapat mengaktikan peserta didik seperti pembelajaran berbasis riset. Konsep dasar dibangunnya pembelajaran berbasis riset untuk memecahkan dan menyelesaikan suatu masalah. Orang yang memiliki kemauan tinggi untuk memecahkan suatu masalah disebut orang yang bertanggungjawab, dan tanggungjawab merupakan salah satu nilai dari sebuah karakter. Sehingga apabila diterapkan dalam pembelajaran, nilai karakter tanggungjawab dapat menjadi gerbang untuk membuka nilai-nilai karakter lainnya. Penelitian ini bertujuan: 1). Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri Demak; 2). Menganalisis penerapan Model Pembelajaran Berbasis Riset pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Demak; 3). Menganalisis model pembelajaran Akidah Akhlak berbasis riset dalam membentuk karakter Islami peserta didik di MAN Demak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan Metode penelitiannya menggunakan teknik analisis mendalam (in-depth analysis). Metode pengumpulan datanya menggunakan: 1) metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Demak; 2) metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan sekolah, jumlah siswa, sarana dan prasarana sekolah dan lain sebagainya; 3) metode wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang pendapat mengenai penerapan model pembelajaran berbasis riset pada mata pelajaran Akidah Akhlak, pengembangannya serta sejauh mana penerapannya sehingga memberikan konstribusi berharga dalam pembentukan karakter peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Demak dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; 2) penerapan model pembelajaran berbasis riset pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Demak menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dipadukan dengan pembelajaran inkuiri; 3) Dalam rangka pembentukan nilai karakter peserta didik, MAN Demak mengambil langkah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis riset pada mata pelajaran Akidah Akhlak. ============================================================ One of the main problems in learning Akidah Akhlak today is the low absorption of students due to the lack of active role of students in learning. For this reason, new innovations are needed from conventional learning to learning that can activate students such as research-based learning. The basic concept of building research-based learning to solve and resolve a problem. People who have a high willingness to solve a problem are called responsible people, and responsibility is one of the values of a character. So that when applied in learning, the value of the character of responsibility can be a gate to open other character values This study aims: 1) Describe the implementation of Akidah Akhlak learning in Madrasah Aliyah Negeri Demak; 2) Analyzing the application of the Research-Based Learning Model on Akidah Akhlak subjects at Madrasah Aliyah Negeri Demak; 3). Analyzing the research-based Akidah Akhlak learning model in shaping the Islamic character of students at Madrasah Aliyah Negeri Demak. This research uses a qualitative research design and the research method uses in-depth analysis techniques. Meanwhile, to collect the data using: 1) The observation method was used to obtain data about the implementation of Akidah Akhlak learning at MAN Demak; 2) The documentation method is used to obtain data about the state of the school, the number of students, school facilities and infrastructure and so on; 3) the interview/interview method was used to obtain data on responses/opinions regarding the application of research-based learning models in Akidah Akhlak subjects, their development and the extent to which they were applied so as to make a valuable contribution to the formation of students' character Based on the research results, it can be seen that: 1) The implementation of Akidah Akhlak learning in MAN Demak is carried out in 3 stages, namely: planning, implementing, and evaluating; 2) the application of a research-based learning model on Akidah Akhlak subjects at MAN Demak using a problem-based learning model combined with inquiry learning; 3) In the context of forming and inculcating the character values of students, MAN Demak takes steps by applying a research-based learning model to the subjects of Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Akidah Akhlak, Pembelajaran Berbasis Riset, Karakter Islami Akidah Akhlak, Research-Based Learning, Islamic Character | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 04:07 | |||||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 04:07 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9012 |
Actions (login required)
View Item |