Penerapan Science Comic dalam Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi pada Plantae kelas X MA AS-Syafiiyah Pati

Wafiroh, Siti Zulfatul (2022) Penerapan Science Comic dalam Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi pada Plantae kelas X MA AS-Syafiiyah Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1.) Mengetahui kemampuan berikir kritis siswa melalui penerapan Science Comic dalam model Problem Based Learning materi pada plantae. 2.) Mengetahui tanggapan siswa mengenai penerapan Science Comic dalam model Problem Based Learning pada Materi Plantae. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitianpre experimental design dengan setting penelitian one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh. Uji hipotesis yang digunakan yaitu menggunakan uji statistika paired sample t-test. Penelitian ini mendapatkan hasil yaitu: 1)Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat setelah melakukan penerapan Science Comic dalam Model Problem Based Learning pada materi plantae. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata pre-test ke post-test, dari skor 44 meningkat menjadi skor 77. Kemampuan awal berpikir kritis dilihat dari nilai pre-test memiliki presentase sebanyak 26% siswa cukup kritis dan 75% siswa kurang kritis dalam berpikir. Kemudian setelah menggunakan penerapan Science Comic dalam Model Problem Based Learning melalui nilai post-tes didapat hasil presentase sebanyak 48% siswa sangat kritis dan 52% siswa kritis dalam berpikir. Diketahui nilai rata-rata indikator berpikir kritis memiliki nilai paling tinggi pada indikator memberi penjelasan dasar 77, nilai membangun keterampilan dasar 67, dan nilai mengatur strategi yakni 65. Sedangkan berdasarkan uji N-gain score pada data kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,62 pada kategori sedang. Terdapat pengaruh signifikan dari penerapan Science Comic dalam Model Problem Based Learning pada materi plantae. Berdasarkan Uji hipotesis data kemampuan berpikir ktitis siswa menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai nilai Asymp.sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) diterima. Dengan demikian, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari penerapan Science Comic dalam Model Problem Based Learning materi plantae. 2.)Penerapan media Science Comic dalam Model Problem Based Learning pada materi plantae dikatakan baik dan mencapai kriteria. Hal ini berdasarkan hasil data kuesioner yang berikan kepada individu siswa setelah menggunakan penerapan Science Comic dalam Model Problem Based Learning di dapat presentase sebanyak 11% siswa memberi respon sangat baik, dan sebanyak 89% siswa memberikan respon baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaelasari, IseuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Science Comic, Problem Based Learning, Berpikir Kritis sisa,Plantae
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:59
Last Modified: 09 Mar 2023 04:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9022

Actions (login required)

View Item View Item