Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama untuk Menumbuhkan Sikap Menghargai dalam Pembelajaran IPS Tahun Pelajaran 2021/2022

Annastasyia, Ika Nur (2022) Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama untuk Menumbuhkan Sikap Menghargai dalam Pembelajaran IPS Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (404kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (258kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (488kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) di mana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dan memperoleh data. Adapun pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif guna mendeskripsikan data tentang Implementasi Nilai-nilai Moderasi Beragama untuk Menumbuhkan Sikap Menghargai dalam Pembelajaran IPS di MTs Manba’ul Ulum Kudus. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah MTs Manba’ul Ulum, pendidik dan peserta didik. Data yang didapat dikumpulkan dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangluasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Selanjutnya analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, antara lain: 1) persiapan yang dilakukan pendidik sebelum kegiatan implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus yaitu membuat tujuan pembelajaran, membuat RPP, mengumpulkan materi pembelajaran, menentukan metode pembelajaran, menyiapkan media pembelajaran, dan membuat evaluasi pembelajaran. 2) Bentuk implementasi nilai-nilai moderasi beragama dilakukan menyatu dengan proses kegiatan pembelajaran IPS di dalam kelas, dengan memasukkan nilai-nilai moderasi beragama sebagai penguatan karakter yang dicantumkan ke dalam RPP. Penanaman yang dilakukan pendidik dalam bentuk pemberian nasihat, tauladan, penugasan atau diskusi kelompok, dan presentasi. 3) Kendala yang dihadapi pendidik IPS dalam kegiatan implementasi nilai-nilai moderasi pada peserta didik kelas VIII di MTs Manba’ul Ulum Gebog Kudus yaitu kendala dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdapat pada diri peserta didik, sedangkan faktor eksternal karena pengaruh dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNur, Dany Miftah M.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Moderasi Beragama, Pembelajaran IPS, Sikap Menghargai
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:45
Last Modified: 09 Mar 2023 07:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9037

Actions (login required)

View Item View Item