Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Al-Qur’an Hadis MI Kelas VI Terbitan Kemenag RI Tahun 2020

Lusiana, Pita (2022) Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Al-Qur’an Hadis MI Kelas VI Terbitan Kemenag RI Tahun 2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (358kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (639kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (647kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (629kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi mendalam mengenai muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar Al-Qur’an Hadist kelas VI tingakatan madrasah ibtidaiyah terbitan Kemenag RI tahun 2020, serta diharapkan sikap moderasi beragama khususnya di kalangan madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar mampu di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library Research dengan menggunakan metode conten analysis dan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder yang berkaitan dengan pembahasan yaitu nilai moderasi beragama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi atau biasa disebut studi dokumentasi. Dari hasil analisis buku ajar ini menunjukkan bahwa : (1). Materi/ isi dalam buku ajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, secara keseluruhan materi sudah memuat nilai moderasi beragam di dalamnya dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan menggunakan kurikulum 2013. (2). Ditemukannya nilai-nilai moderasi beragama yang tersebar diseluruh materi pokok. Adapun nilai-nilai moderasi beragama yang di maksudkan yaitu, nilai Tawasuth, nilai Tawazun, nilai I’tidal, nilai Tasamuh, nilai Musawah, nilai Ishlah, nilai Tathawwur waibtikar, dan nilai Tahaddur. Yang ditunjukkan langsung maupun tersirat dalam gambar dan penggalang kalimat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFa'atin, SalmahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku Ajar, Moderasi Beragama, Nilai
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:56
Last Modified: 09 Mar 2023 07:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9041

Actions (login required)

View Item View Item