Instrumen Penilaian Bahasa Indonesia Berbasis HOTS di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus

Litasari, Liyana (2022) Instrumen Penilaian Bahasa Indonesia Berbasis HOTS di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (417kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (736kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui instrumen dan hasil penilaian bahasa Indonesia berbasis HOTS di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang analisis datanya menggunakan analisis kualitatif. Metode yang digunakan peneliti berupa metode wawancara langsung kepada kepala sekolah, waka kurikulum, dan peserta didik. Observasi langsung ke lapangan guna mendapatkan data secara valid. Dan Dokumentasi tekait dengan proses penelitian untuk melengkapi data. Analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen penilain yang dibuat pendidik mengikuti beberapa langkah yang ada seperti menganalisis KD sebelum membuat soal, menyusun kisi-kisi dengan jenjang kognitif C4-C6, memilih stimulus yang tepat dan kontekstual yaitu selalu memilih soal yang tepat sesuai materi. Dari pemberian soal yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pendidik berpanduan dari buku ajar dan juga buatan sendiri. Soal yang dibuat guru ada 7 butir dan 3 butir termasuk soal dengan level tingkat tinggi yang terdapat pada nomor soal 2, 3, dan 6 yang mengandung indikator level C4 (menganalisis) dan C5 (mengevaluasi). Selanjutnya soal yang diambil dari buku ajar ada 10 butir 4 diantaranya termasuk berbasis HOTS yang terdapat pada nomor soal 2, 3, 5, dan 9 dengan indikator level C4 (menganalisis) dan C5 (mengevaluasi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZafi, Ashif AzUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instrument Penilaian , Bahasa Indonesia, HOTS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:29
Last Modified: 10 Mar 2023 01:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9051

Actions (login required)

View Item View Item