Putriana, Putriana (2022) Hubungan Ecoliteracy dengan Green Lifestyle Pada Peserta Didik Jenjang SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (320kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (399kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (925kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (495kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (679kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (318kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
Abstract
Lingkungan merupakan hubungan yang erat dengan makhluk hidup. Lingkungan merupakan sumber daya alam yang digunakan oleh makhluk hidup dengan jumlah dan manfaat yang tak terbatas. Akan tetapi perilaku manusia dalam kehidupan keseharian seringkali memberikan dampak dan mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan. Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan juga berdampak baik maupun buruk terhadap lingkungan. Untuk dapat mewujudkan lingkungan keberlanjutan yang dapat memenuhi kebutuhan manusia, maka diperlukannya pengetahuan mengenai lingkungan. Salah satunya dapat di terapkan dalam dunia pendidikan dengan harapan dapat menciptakan cikal bangsa yang paham dan peduli terhadap lingkungan. Pada penelitian ini dengan judul “Hubungan Ecoliteracy dengan Green Lifestyle Pada Peserta Didik Jenjang SMP/MTs”. Dengan rumusan masalah 1) Bagaimana Profil ecoliteracy pada peserta didik di sekolah adiwiyata dan non adiwiyata?, 2) Bagaimana Profil green lifestyle pada peserta didik di sekolah adiwiyata dan non adiwiyata?, 3) Bagaimana Hubungan ecoliteracy dengan green lifestyle pada peserta didik di sekolah adiwiyata dan non Adiwiyata?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Menggunakan uji analisis deskriptif dan uji hipotesis korelasi rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan profil ecoliteracy di sekolah adiwiyata lebih tinggi di bandingkan sekolah non adiwiyata. Untuk jenjang kelas yang tertinggi pada kelas IX di sekolah adiwiyata dan jenis kelamin peserta didik yang memiliki ecoliteracy lebih tinggi yaitu pada peserta didik perempuan khususnya pada indikator partisipasi lingkungan. Begitu juga dengan peran green lifestyle pada peserta didik lebih unggul pada sekolah adiwiyata pada jenjang kelas IX dan peserta didik dengan jenis kelamin Perempuan. Hubungan ecoliteracy dengan green lifestyle yang kuat adalah pada indikator konsumsi hijau dan lingkungan ekonomi. Pada tingkatan jenjang kelas juga pada peserta didik jenjang kelas IX, Untuk perbedaan jenis kelamin hubungan ecoliteracy dengan green lifestyle pada indikator konsumsi hijau lebih kuat dengan jenis kelamin perempuan tetapi hanya berselisih sedikit dengan jenis kelamin laki-laki.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Ecoliteracy, Green Lifestyle, Adiwiyata, Non Adiwiyata, Lingkungan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:06 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:06 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9108 |
Actions (login required)
View Item |