Habibah, Umi (2022) Meraih Prestasi Dengan Dukungan Sosial Dan Disiplin Belajar Siswa Tuna Rungu Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SLB Negeri Purwosari Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (5MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (651kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (516kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (486kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (484kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (714kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (259kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan makna dan pengalaman dari prestasi yang diraih oleh siswa tuna rungu, bentuk dukungan sosial dan bentuk disiplin belajar siswa tuna rungu pada masa pandemi covid-19 Di SLB Negeri Purwosari Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik non probability sampling yang penentuan informannya menggunakan purposive sampling, meliputi: wali kelas, waka kesiswaan sekaligus pembina keterampilan, orang tua dan siswa tuna rungu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengalaman dan makna prestasi yang diraih oleh siswa tuna rungu (a) Pengalaman siswa tuna rungu dalam meraih prestasi karena rajin, semangat, reward, dan pendampingan. Prestasi memberikan makna siswa tuna rungu menjadi percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.(b) Jenis prestasi yang diarih meliputi bidang akademik, seperti adanya peningkatan dalam buku laporan perkembangan dan bidang non akademik, seperti menari, membatik, make up, melukis, tolak peluru. Makna dari pengalaman tersebut dengan adanya motivasi dan pendampingan siswa tuna rungu menjadi semangat dan percaya diri dalm meraih prestasi. (2) Pengalaman dan makna bentuk dukungan sosial yang diberikan oleh guru dan orang tua (a) dukungan emosional meliputi, motivasi, support, kepedulian dan perhatian. (b) dukungan penghargaan meliputi, pemberian dukungan maju dan reward. (c) dukungan instrumental meliputi, waktu, sarana dan prasarana. (d) dukungan informatif meliputi, nasihat dan saran. Dukungan sosial memberikan makna mampu membangkitkan semangat dan percaya diri. (e) pengalaman guru dan orang tua dalam proses pemberian dukungan sosial mengalami hambatan (a) komunikasi (b) dalam diri anak (c) emosi yang berubah-ubah. Hambatan memberikan makna untuk mengembalikan semangat dan mood menjadi baik dengan motivasi dan pendampingan khusus.(3) Pengalaman dan makna bentuk disiplin belajar siswa tuna rungu dalam meraih prestasi (a) aktif masuk sekolah. (b) rajin mengerjakan tugas. (c) mentaati tata tertib. (d) mengikuti pelajaran di sekolah. (e) belajar di rumah. Disiplin belajar memberikan makna siswa tuna rungu menjadi anak rajin dan berprestasi.(4) Makna dan pengalaman guru dalam menerapkan metode (a) metode demonstrasi (b) metode visual. Makna dari pengalaman tersebut dengan menggunakan metode yang tepat dan efektif mampu memahami materi dalam mengembangkan bakat untuk meraih prestasi.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dukungan sosial, disiplin belajar, prestasi, siswa tuna rungu | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 01:55 | |||||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 01:55 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9205 |
Actions (login required)
View Item |