Kodriyah, Ida Nur Lailatul (2022) Ta'tsir ta'alam 'an ba'd 'alaa fahm al lughah al arabiyah lilthulaab fi al fashl al tsaamin fi madrasah I'anatut Thalibin al mutawasithah Bumiharjo Guntur Demak lil 'am 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 Cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
2 Abstrak.pdf Download (352kB) |
|
Text
3 Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (522kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (610kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (710kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (878kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (357kB) |
|
Text
9 Daftar Pustaka.pdf Download (390kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas 8 di MTs I’anatuth Tholibin Bumiharjo Guntur Demak Tahun Pelajaran 2020/2021 dan mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terhadap pemahaman Bahasa Arab peserta didik kelas 8 di MTs I’anatuth Tholibin Tahun Pelajaran 2020/2021. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh populasi, yaitu siswa kelas 8 di MTs I’anatuth Tholibin tahun pelajaran 2020/2021 dan sumber lainnya adalah kepala madrasah dan guru mapel Bahasa Arab. Untuk memperoleh data peneliti melakukan tes menggunakan kuisioner seputar pjj dan tes hasil belajar, serta menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini disajikan melalui 3 tahap yaitu deskripsi data penelitian, analisis data, dan pembahasan hasil penelitian. Analisis terhadap variabel penelitian dilakukan dengan cara analisis unit, uji prasyarat hipotesis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh Bahasa Arab di MTs I’anatuth Tholibin mencakup tahap perencanaan, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Dalam pelaksanaannya, MTs I’anatuth Tholibin mengalami kendala yang disebabkan karena kurangnya kesiapan dan persiapan, kurang memadainya fasilitas, dan biaya pendidikan lebih besar. (2) Pembelajaran jarak jauh Bahasa Arab di MTs I’anatuth Tholibin memberikan pengaruh terhadap kenyamanan, minat belajar, prestasi, dan pemahaman. Nilai Bahasa Arab peserta didik sebagian besar menurun, yaitu 75% mengalami penurunan, 17% mengalami kenaikan dan 8% stabil. Berdasarkan perbandingan antara materi pembelajaran jarak jauh dengan materi sebelumnya diketahui bahwa penguasaan mufrodat peserta didik pada masa mengalami penurunan sebesar 45,83%, pemahaman gramatika mengalami penurunan paling besar yaitu sebesar 54,17%, kemampuan terjemah mengalami penurunan sebesar 16,67%, pemahaman teks bacaan mengalami penurunan sebesar 8,33%, sedangkan kemampuan penerapan bahasa mengalami penurunn 29,17%. Secara keseluruhan pemahaman Bahasa Arab peserta didik mengalami penurunan sekitar 30,83%. Hal tersebut menunjukkan bahwa PJJ memberi pengaruh terhadap pemahaman Bahasa Arab peserta didik kelas 8 di MTs I’anatuth Tholibin tahun pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Jarak Jauh, Pemahaman, Bahasa Arab | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 03:24 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 03:24 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9227 |
Actions (login required)
View Item |