Maryanto, Imam Bimo (2022) Problematika Pelaksanaan Pembelajaran IPS Online di Masa Pandemi Covid-19 di MTs Manba’ul A’laa Kecamatamn Purwodadi Kabupaten Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (356kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (364kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (395kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (523kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (464kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (737kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (366kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pelaksanaan,, problematika dan upaya mengatasi problematika pembelajaran IPS online di masa pandemi covid-19 di MTs Manba’ul A’laa Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Tahap pengumpulan data penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi, Peneliti menggunakan teknik triangulasi dalam pengumpulan data, meliputi: triangulasi teknik, sumber dan waktu. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh data sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran IPS secara online di MTs Manba’ul A’laa dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu: yang termuat dalam Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP). Tahap pertama kegiatan pendahuluan berisi salam presensi kehadiran dan do’a sebelum belajar, kedua yaitu kegiatan inti pada ini pelaksanaan pembelajaran disampaikan melalui metode mengirim informasi di whatsapp group dan pemberian tugas, tahap selanjutnya adalah tahap ketiga yaitu kegiatan penutup yang berisi penyampaian motivasi belajar dan salam 2) Problematika pembelajaran IPS online di MTs Manba’ul A’laa dari sisi guru antara lain: pertama guru sulit dalam memberikan penilaian sikap, kedua kurangnya pendampingan orang tua, ketiga perbedaan tingkat pemahaman siswa, keempat sarana dan prasarana yang terbatas, sedangkan problematika siswa antara lain: pertama pembelajaran IPS masih terpusat pada guru, kedua motivasi belajar menurun, ketiga sarana dan prasarana terbatas. Upaya dilakukan oleh Guru IPS untuk mengatasi problematika pembelajaran IPS yaitu: pertama mengatasi sulitnya penilaian sikap melalui melakukan diskusi dengan orang tua, dan koordinasi dengan guru lainnya, kedua mengatasi kurangnya pendampingan dengan melakukan koordinasi dengan guru BK untuk menjalin kerjasama dengan orang tua siswa, ketiga mengatasi perbedaan tingkat pemahaman siswa dengan melakukan bimbingan rutin dan motivasi belajar, keempat mengatasi terbatasnya sarana dan prasarana dengan mengoptimalkan pemanfaaatan yang tersedia dan dapat belajar dengan teman terdekat yang memiliki jaringan internet. Sedangkan upaya siswa dalam mengatasi problematika pembelajaran IPS online yaitu: pertama siswa melakukan koordinasi engan guru IPS agar dapat memilih metode yang tepat disetiap materi, kedua meningkatkan motivasi belajar, ketiga memanfaatakan kuota pemberian dengan bijak dan berinisiatif belajar bersama orang tua atau teman terdekat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran online, IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 05:32 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 05:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9244 |
Actions (login required)
View Item |