Rohmah, Siti Khofifatur (2022) Implementasi Pendidikan Karakter pada Masa Pandemi (Studi Kasus Pengembangan Diri Positif Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (271kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (438kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (785kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (460kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (647kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (363kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) |
Abstract
Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif yaitu peneliti studi langsung ke lapangan untuk mendapatkan data yang mendalam. Pendekatan yang digunakan pendekatan studi kasus yaitu pendekatan yang menggali fenomena tertentu untuk mengumpulkan informasi secara rinci dan mendalam. Adapun pengambilan sampling informan menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah informan tujuh orang yang terdiri dari kepala madrasah, dua guru kelas IV, dua Orang tua kelas IV, dan dua anak kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data (data reduction) berupa memfokuskan karakter utama yaitu jujur, disiplin, dan tanggungjawab, peran guru, peran orangtua. penyajian data (data display) berupa pemfokusan proses pembelajaran selama masa pandemi covid-19 yang berhubungan dengan penerapan karakter peserta didik dan peran keluarga selama belajar dari rumah, lalu kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di MI NU Tamrinut Thullab kelas IV pada masa pandemi adalah pembelajaran secara jarak jauh. Melihat situasi dan kondisi yang dimana pembelajaran daring sangat minim waktu Sehingga untuk pendidikan karakter utama peserta didik kelas IV difokuskan untuk memiliki karakter jujur, disiplin, dan tanggungjawab. Pendidikan karakter diterapkan melalui memberikan pemahaman, pembiasaan, dan teladan kepada peserta didik selama pembelajaran daring. Pendidikan karakter tidak bisa lepas dari pengawasan dan bimbingan orang tua. 2) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran daring dengan pengawasan dan bimbingan yang dilakukan guru terutama orangtua. Sedangkan faktor penghambat pendidikan karakter pada saat daring waktu yang minim serta orangtua yang memiliki kesibukan yang dapat mengalihkan fokus orangtua dari pendidikan anaknya. Karena kendala yang dialami oleh peserta didik maka guru harus mempunyai kejeniusan dalam mengatasi hal tersebut dengan memberikan perhatian serta pengawasan yang lebih terhadap peserta didik yang orangtuanya sibuk. Sehingga anak tetap merasa dibimbing dan diawasi dalam bersikap dan berperilaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Pengembangan Diri, Masa Pandemi | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2023 02:30 | ||||||
Last Modified: | 16 Mar 2023 02:30 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9264 |
Actions (login required)
View Item |