Pengaruh Media E-Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Kuliah Analisis Riil Program Studi Tadris Matematika IAIN Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Lestariningsih, Sri (2022) Pengaruh Media E-Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Kuliah Analisis Riil Program Studi Tadris Matematika IAIN Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (772kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (797kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (921kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan media e-learning terhadap hasil belajar kognitif pada Mata Kuliah Analisis Riil Program Studi Tadris Matematika IAIN Kudus, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif pada Mata Kuliah Analisis Riil Program Studi Tadris Matematika IAIN Kudus, 3) pengaruh penerapan media e-learning dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar kognitif pada Mata Kuliah Analisis Riil Program Studi Tadris Matematika IAIN Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Tadris Matematika IAIN Kudus angkatan 2019. Melalui teknik simple random sampling serta metode Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% maka didapatkan ukuran sampel untuk penelitian ini yaitu 84 mahasiswa. Data-data tentang penerapan media e-learning dan motivasi belajar dikumpulkan dengan teknik angket (kuesioner), sedangkan data hasil belajar kognitif didapatkan dari dokumen dosen pengampu Mata Kuliah Analisis Riil. Data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi dan korelasi linear sederhana dan berganda. Ada tiga hasil penelitian yang diperoleh, yaitu: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan media e-learning terhadap hasil belajar kognitif dan terdapat hubungan yang positif dan kurang signifikan antara penerapan media e-learning dengan hasil belajar kognitif pada Mata Kuliah Analisis Riil Program Studi Tadris Matematika IAIN Kudus, di mana sebesar 4.9% hasil belajar kognitif dipengaruhi oleh media e-learning. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif dan terdapat hubungan yang positif dan kurang signifikan antara penerapan motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif pada Mata Kuliah Analisis Riil Program Studi Tadris Matematika IAIN Kudus, di mana sebesar 9.2% hasil belajar kognitif dipengaruhi oleh motivasi belajar. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan media e-learning dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar kognitif dan terdapat hubungan yang positif dan kurang signifikan antara penerapan media e-learning dan motivasi belajar secara simultan dengan hasil belajar kognitif pada Mata Kuliah Analisis Riil Program Studi Tadris Matematika IAIN Kudus, di mana sebesar 10.2% hasil belajar kognitif dipengaruhi oleh media e-learning dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmanto, IsmantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media E-learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Analisis Riil
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Mar 2023 07:59
Last Modified: 16 Mar 2023 07:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9292

Actions (login required)

View Item View Item