Permasalahan Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Mifathussalam 2 Wonosalam Demak

Marfuah, Lailatul (2022) Permasalahan Keterampilan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Mifathussalam 2 Wonosalam Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (504kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (380kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (497kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

Pandemi covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, hal ini menyebabkan seluruh aktivitas dilakukan secara terbatas. Dunia pendidikan turut terkena dampaknya, yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara online. Hal ini mempengaruhi kemampuan keterampilan membaca peserta didik yang tidak terkontrol selama pelaksanaan pembelajaran online. Maka tujuan dari penelitian yaitu; 1) penanganan permasalahan keterampilan membaca 2) efektivitas dalam penanganan permasalahan keterampilan membaca dan 3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan penanganan permasalahan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Miftahussalam 2 Wonosalam Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 36. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik dalam mengumpulkan data ini meliputi; wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan penelitian dalam keterampilan membaca terdapat 5 tahapan yaitu; memprediksi dengan judul, memprediksi dengan gambar, membaca teks bacaan, menilai ketepatan prediksi dan menyesuaikan prediksi, dan mengulang tahap 1-4 sampai bagian tercukupi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan dalam mengembangkan keterampilan membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berjalan dengan lancar sebagaimana dengan semestinya dengan 5 tahapan tahapan. Proses pelaksanaan strategi DRTA dalam mengembangkan keterampilan membaca berjalan dengan efektif dengan penunjang media pembelajaran yang telah disiapkan. Dalam pelaksanaan strategi DRTA dalam mengembangkan keterampilan membaca kelas V MI Mifathussalam 2 Wonosalam Demak tentu terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi; LCD proyektor, media pembelajaran gambar, ice breaking dan peran aktif peserta didik. Untuk faktor penghambatnya meliputi; kategori kelas gemuk, lingkungan madrasah dan tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPartono, PartonoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Strategi Pembelajaran, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:17
Last Modified: 20 Mar 2023 03:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9345

Actions (login required)

View Item View Item