Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus

Afriani, Dina Yuliana (2022) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (685kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (632kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (634kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (921kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan diantaranya 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematikan kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. . Sampel penelitian ini adalah 75 peserta didik dari populasi peserta didik kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus yang berjumlah 274 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Teknik pengambilan sampel dengan cara teknik purposive sampling, maka terpilih sampel kelas X IPS 4 dan X IPS 5. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan teknik skala likert dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat, yaitu 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dan terdapat hubungan yang positif serta signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, di mana sebesar 5.6% prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dan terdapat hubungan yang positif serta signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, di mana sebesar 16.4% prestasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan belajar. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar dan terdapat hubungan yang positif serta signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap prestasi belajar matematika kelas X MA Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, di mana sebesar 16.4% prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar. Dengan demikian keseluruhan hasil analisis mendukung hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWidiyastuti, WahyuningUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar, dan Matematika
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:21
Last Modified: 21 Mar 2023 03:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9395

Actions (login required)

View Item View Item