Salafiyah, Novia (2022) Implementasi Model Pembelajaran Environmental Learning dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (293kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (568kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (12MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (412kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (822kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (276kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1)Untuk mengetahui penerapan model environmental learning dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2021/2022; (2) Untuk memperoleh pemahaman tentang faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan model environmental learning dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran IPA dan Peserta Didik Kelas IV MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi pasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu :1. Implementasi model pembelajaran Environmental Learning dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara Tahun 2021/2022, dilakukan melalui beberapa tahap: a Pelaksanaan Model Pembelajaran Environmental Learning dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara, terdapat beberapa tahapan dalam penerapannya. Diantaranya: (1) tahap perencanaan pembelajaran, (2) tahap pelaksanaan pembelajaran, dan (3) tahap evaluasi/penilaian pembelajaran. b. Implementasi Model Pembelajaran Environmental Learning dalam Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara, terdapat beberapa sikap peduli lingkungan siswa yang tumbuh, diantaranya: (1) Menanam dan Merawat Tanaman; (2) Tabur Benih Ikan; (3) Mencuci Tangan; dan (4) Menjaga Kebersihan Kelas dan Membuang Sampah pada Tempatnya. 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran environmental learning dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MI Hidayatul Husna Krasak Pecangaan Jepara Tahun 2021/2022, yaitu a. faktor pendukungnya, terdapat Kepala Sekolah sebagai penunjang fasilitas sarana prasarana serta sebagai monitoring (pengawas); Guru, sifat materi pelajaran yang diajarkan sangat mendukung model pembelajaran yang akan digunakan, dan adanya sarana/sumber belajar yang mendukung; dan Siswa, antusias dalam mengikuti pelajarannya. b. faktor penghambatnya yaitu keterbatasan guru dalam mengontrol siswa dan keterbatasan waktu dalam pelaksanaannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Environmental Learning, Peduli Lingkungan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:02 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9404 |
Actions (login required)
View Item |