Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SMP Negeri 1 Todanan Kabupaten Blora

Fauziah, Elsa Aulina (2022) Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama di SMP Negeri 1 Todanan Kabupaten Blora. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (176kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (435kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga pokok tujuan. Pertama, mengetahui moderasi beragama siswa di SMP Negeri 1 Todanan. Kedua, mengetahui penanaman nilai-nilai moderasi beragama di SMP Negeri 1 Todanan. Ketiga, mengetahui hasil dari implementasi nilai-nilai moderasi beragama oleh guru pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Todanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), kemudian pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Adapun informannya yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, guru umum, guru pendidikan agama Kristen dan budi pekerti, dan peserta didik di SMP Negeri 1 Todanan. Hasil penelitian ini menemukan beberapa hal yaitu sebagai berikut: 1) Moderasi beragama di SMP Negeri 1 Todanan telah mempraktekkan sikap moderasi beragama yaitu; sikap toleransi, saling menghormati, tidak memihak agama lain, saling bekerjasama, menghargai pendapat orang lain, menghargai cara beribadah orang lain dan sebagainya. 2) Penanaman nilai-nilai moderasi beragama di SMP Negeri 1 Todanan diterapkan menggunakan beberapa cara yaitu, melalui kebijakan kepala sekolah, melalui guru mata pelajaran, melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, melalui kegiatan terprogram dan kegiatan spontan. 3) Hasil dari penanaman nilai-nilai moderasi beragama di SMP Negeri 1 Todanan dapat dibuktikan melalui sikap yang dilakukan peserta didik di lingkungan sekolah. Penanaman ini dapat dikatakan berhasil dengan bukti bahwa tidak adanya bullying, perkelahian dan semacamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Moderasi Beragama, SMP Negeri 1 Todanan
Subjects: 200 Agama > 201.5 Hubungan Antaragama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Mar 2023 07:33
Last Modified: 24 Mar 2023 07:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9419

Actions (login required)

View Item View Item