Implementasi Teknik Self Management Untuk Peserta Didik MTs Ribhul Ulum Demak

Dewi, Nurul Aulia (2022) Implementasi Teknik Self Management Untuk Peserta Didik MTs Ribhul Ulum Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (451kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (925kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Teknik Self Management Untuk Peserta Didik Mts Ribhul Ulum Demak, bentuk Implementasinya melalui tiga tahapan yaitu: tahap awal (tahap mendefinisikan masalah), Tahap inti (tahap kerja), tahap akhir (tahap perubahan dan tindakan). Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, peneliti melakukan kunjungan selama 5x yang pertama yaitu melakukan observasi dan izin, melakukan pengamatan terkait dengan bentuk teknik self manajemen, ikut serta dalam proses konseling menggunakan teknik self manajemen yang diikuti oleh 11 siswa yang dijadikan 3 kelompok, evaluasi dan pembuatan grafik tingkat keterlambatan. Subyek penelitian ini diantaranya yaitu kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan siswa kelas yang mempunyai tingkat keterlambatan tinggi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi metode self manajemen untk Peserta didik MTs Ribhul Ulum Demak sudah berjalan sesuai dengan RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan). Dimana di dalamnya memuat tiga tahap yaitu ahap awal (tahap mendefinisikan masalah), tahap inti (tahap kerja), dan tahap akhir (tahap perubahan dan tindakan. (2) perubahan perilaku siswa setelah melakukan konseling menggunakan metode self manajemen dapat dilihat bahwasannya sudah sedikit siswa yang terlambat setiap harinya. (3) Faktor yang mendukung dalam penerapan metode self manajemen untuk mengurangi keterlambatan siswa yaitu besarnya kontribusi, kerjasama serta kesadaran wali murid dan juga siswa dalam proses konseling menggunakan metode self manajemen yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sikap pasif siswa yang membuat konseling terlihat monoton dan tidak ada feedback dari siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUlyani, FaridaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknik Self Manajemen, Peserta Didik, MTs Ribhul Ulum
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Mar 2023 01:53
Last Modified: 27 Mar 2023 01:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9429

Actions (login required)

View Item View Item