Nisa, Akhidatun (2022) Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Ummat (Studi Kasus Pada Industri Rumah Tangga Kerajinan Genteng Desa Ngembal Kulon). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (882kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (439kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (675kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (350kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (462kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (272kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (412kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kondisi persaingan industri rumah tangga yang sangat ketat. Industri rumah tangga masih banyak mengalami kendala-kendala atau permasalahan yang dihadapi dengan hal tersebut diperlukannya suatu alternatif supaya bisa memberikan solusi dan strategi bersaing untuk bisa mengembangkan usaha. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui kondisi dan strategi pengembangan industri rumah tangga genteng desa ngembal kulon untuk meningkatkan perekonomian ummat. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif field research dengan menggunakan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Jumlah informan pada penelitian ini berjumlah 8 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan kondisi atau keadaan industri rumah tangga di desa Ngembal Kulon keadaannya masih belum optimal dalamhal terbatasnya modal, sumber daya manusia yang masih rendah dan belum mempunyai sistem administrasi keuangan serta manajemen pengelolaan yang baik. masih kurang adanya dalam hal inovasi serta teknologi yang kurang mendukung. Serta infrastruktur yang belum memadai dan persaingan yang sangat kuat dengan muncul banyaknya barang subtitusi atau barang pengganti yang harganya jauh lebih murah. Ada dua analisis strategi yang digunakan yaitu melalui alternatif perancangan strategi pengembangan meliputi strategi pemasaran, strategi produk dan strategi penetapan harga dan menggunakan alternatif strategi yang diperoleh dari data analisis SWOT meliputi Strategi SO (Strenght and Opportunity),strategi WO(Weakness and Opportunity), strategi ST (Strenght and Threath), strategi WT (Weakness and Threath). Dan strategi yang paling efektif digunakan dalam menganalisis dan mengembangkan usaha yaitu dengan menggunakan strategi SO. Industri rumah tangga genteng mempunyai peran penting dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat memberikan dampak seperti dapat membuka lapangan kerja dan dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan, Industri Rumah Tangga, Perekonomian | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Produksi dan Industri |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:03 | ||||||
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:03 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9435 |
Actions (login required)
View Item |