Pengaruh Kualiatas Pelayanan Dan Persepsi Kemudahan Proses Pembiayaan Murabahah Terhadap Kepuasan Menjadi Anggota (Studi Kasus Bmt Al-Hikmah Semesta Nalumsari Jepara)

Rohmawati, Dwi Ikha (2022) Pengaruh Kualiatas Pelayanan Dan Persepsi Kemudahan Proses Pembiayaan Murabahah Terhadap Kepuasan Menjadi Anggota (Studi Kasus Bmt Al-Hikmah Semesta Nalumsari Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (531kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (591kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (702kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (366kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Penelitian ini membahas terkait kepuasan menjadi anggota yang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan persepsi kemudahan proses pembiayaan murabahah sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan BMT Al-Hikmah Semesta dalam akad murabahah? 2) Bagaimana pengaruh persepsi kemudahan proses pembiayaan murabahah di BMT Al-Hikmah Semesta?. Dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian merupakan fieldresearch karena penelitian terjun langsung ke lapangan agar dapat memperoleh data-data adapun populasi dalam penelitian adalah nasabah yang menggunakan pembiayaan murabahah di BMT Al-Hikmah Semesta cabang dan sampelnya berjumlah 90 responden. Teknik analisis dibantu software SPSS, hasil penelitian ini 1) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan menjadi anggota BMT Al-Hikmah Semesta Nalumsari Jepara, hal dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,269 > 1,987 dan nilai signifikansi sebesar 0,026 < 0,050, sehingga hasil tersebut membuktikan bahwa hipotesis pertama (H1) diterima. 2) Persepsi kemudahan proses pembiayaan Murabahah berpengaruh terhadap kepuasan menjadi anggota BMT Al-Hikmah Semesta Nalumsari Jepara, hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,814 > 1,987 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,050, sehingga hasil tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (H2) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKurniawan, Mahda RezaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan. Kemudahan, Murabahah, Kepuasan, Anggota.
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:26
Last Modified: 28 Mar 2023 02:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9485

Actions (login required)

View Item View Item