Rohmawati, Dwi Ikha (2022) Pengaruh Kualiatas Pelayanan Dan Persepsi Kemudahan Proses Pembiayaan Murabahah Terhadap Kepuasan Menjadi Anggota (Studi Kasus Bmt Al-Hikmah Semesta Nalumsari Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (278kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (452kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (531kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (591kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (702kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (366kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas terkait kepuasan menjadi anggota yang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan persepsi kemudahan proses pembiayaan murabahah sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan BMT Al-Hikmah Semesta dalam akad murabahah? 2) Bagaimana pengaruh persepsi kemudahan proses pembiayaan murabahah di BMT Al-Hikmah Semesta?. Dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian merupakan fieldresearch karena penelitian terjun langsung ke lapangan agar dapat memperoleh data-data adapun populasi dalam penelitian adalah nasabah yang menggunakan pembiayaan murabahah di BMT Al-Hikmah Semesta cabang dan sampelnya berjumlah 90 responden. Teknik analisis dibantu software SPSS, hasil penelitian ini 1) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan menjadi anggota BMT Al-Hikmah Semesta Nalumsari Jepara, hal dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 2,269 > 1,987 dan nilai signifikansi sebesar 0,026 < 0,050, sehingga hasil tersebut membuktikan bahwa hipotesis pertama (H1) diterima. 2) Persepsi kemudahan proses pembiayaan Murabahah berpengaruh terhadap kepuasan menjadi anggota BMT Al-Hikmah Semesta Nalumsari Jepara, hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,814 > 1,987 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,050, sehingga hasil tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (H2) diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan. Kemudahan, Murabahah, Kepuasan, Anggota. | ||||||
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam > Mu`alamat > Bank, termasuk Baitul Mal wat Tamwil | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2023 02:26 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 02:26 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9485 |
Actions (login required)
View Item |